Breaking News in Indonesia

Pasca Diterjang Banjir, 100.933 Pelanggan PLN di NTT Kembali Nikmati Listrik

Ratusan ribu warga Nusa Tenggara Timur (NTT) kembali menikmati akses listrik yang sempat padam akibat banjir dari pengaruh siklon tropis Seroja. Demi menjaga kelancaran aktivitas warga, Pemerintah bersama PT PLN (Persero) mengambil langkah cepat untuk memulihkan layanan, salah satunya melalui perbaikan gardu listrik.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM, Agung Pribadi mengungkapkan, paling tidak hingga saat ini ada 100.933 pelanggan PLN sudah menikmati listrik kembali.

“Paling penting bagaimana kebutuhan warga NTT akan listrik kembali terpenuhi. Kami apresiasi upaya PLN mempercepat proses pemulihan ini,” kata Agung di Jakarta, Rabu (7/4).

Dia mengungkapkan pemadaman listrik terutama di daerah terendam banjir terpaksa dilakukan oleh PLN demi mempertimbangkan keselamatan warga. “PLN mengutamakan keselamatan masyarakat dalam upaya pemulihan kelistrikan, pada daerah yang terendam banjir, PLN terpaksa memadamkan sementara listrik dan segera menormalkannya kembali setelah banjir surut,” imbuhnya.

Adapun wilayah yang terdampak antara lain daerah Adonara, Lembata, Sumba Timur, Kupang , Ende, Ngada, Manggarai, Malaka, Rote, Sabu dan Sumba Barat. Khusus di Kota Kupang secara bertahap sudah mulai menyala, seperti sebagian daerah walikota, Ainiba, jalan Nangka, daerah BTN Kolhua, Oebufu sebagian, Oepoi, Sebagian Cak Doko, Telkom Kandaptrapton dan Telkom Public Service.

“Selebihnya akan bertahap menyala setelah proses pembersihan pohon tumbang dan perbaikan jaringan listrik,” ungkapnya.

Kementerian ESDM terus mengimbau masyarakat agar selalu waspada terhadap bahaya kelistrikan. PLN pun tengah berupaya optimal menormalkan kelistrikan. Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan infromasi terkait layanan listrik bisa menghubungi melalui call center PLN 123 atau melalui aplikasi New PLN Mobile.

Sebagai informasi, akibat badai siklon tropis “Seroja”, sebanyak 3.983 gardu distribusi yang tersebar di Kupang, Flores Bagian Barat, Flores Bagian Timur, dan Sumba padam. Badai membuat akses jalan tertutup pohon roboh, jalan putus, jembatan putus yang menyebabkan aliran listrik terganggu.

Selain berkat kerja keras yang dilakukan oleh tim lapangan, PLN mengakui prose pemulihan listrik terbantu berkat dukungan koneksi internet yang stabil dari PLN Icon+ selaku anak perusahaan PLN. [azz]