Jakarta () – Psikolog anak, remaja dan keluarga, Jovita Ferliana, M.Psi berbagi penjelasan mengenai cara menjalani hidup terbaik dari segi lahir dan batin, termasuk memahami filosofi "ikigai" yang berasal dari Jepang.

"Di Jepang dikenal filosofi ‘Ikigai’, sebuah konsep yang berarti a reason for being – alasan untuk keberadaan kita. Memahami konsep Ikigai bisa membantu kita untuk mencari dan menentukan alasan menjalani hidup," kata Jovita, dikutip dari siaran resmi, Sabtu.

Jovita menjelaskan, orang-orang perlu menyadari bahwa menjalani hidup terbaik itu adalah hal yang sangat pribadi dan subjektif, serta berfokus pada diri dan orang terdekat kita. Bagi setiap individu, jalanilah kehidupan yang membuat kita bahagia.

Fokus pada masa kini dan bebaskan diri untuk melakukan hal yang membuat Anda merasa senang, termasuk menjalani hobi sehari-hari. Anda juga dapat menggali potensi dalam diri sesuai dengan keinginan hati, dan dapat melakukan hal terbaik untuk orang-orang terkasih.

Jangan lupa juga untuk mengisi body, mind and soulBody dengan nutrisi baik; mind dengan keterampilan, pikiran positif dan edukasi; dan soul dengan rasa syukur, relaksasi dan mindfulness.

"Mindfulness" adalah bagaimana seseorang melatih pikiran agar secara penuh dan hadir secara utuh sekarang. Pikiran tidak dibiarkan berkelana ke masa lalu, atau masa depan, tapi betul-betul memusatkan kepada apa yang sedang terjadi saat ini.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © 2021