Ombudsman: Penanganan Covid di Jakarta Digabung Kontestasi Politik Jadi Tak Jelas

Irene

Ombudsman: Penanganan Covid di Jakarta Digabung Kontestasi Politik Jadi Tak Jelas

Kepala Perwakilan Ombudsman Jakarta Raya, Teguh P Nugroho menilai penanggulangan Covid-19 di Jakarta tidak akan mencapai kata ideal selama masih ada unsur politik. Akibatnya, penegakan protokol kesehatan terasa diskriminatif dan berdampak menurunnya kepercayaan publik.

“Karena penanganan Covid masih digabung dengan kontestasi politik, jadinya tidak jelas, diskriminatif dan menyebabkan ketidakpercayaan publik,” ucap Teguh kepada , Rabu (16/12).

Kendati tren kasus positif Covid-19 di Jakarta tidak menunjukkan tanda-tanda penurunan, Teguh menilai rem darurat sebagaimana yang kerap disampaikan Pemprov bagi warga yang tak patuh protokol kesehatan, tak lagi menjadi langkah tepat.

Sebab, imbuh Teguh, kebijakan rem darurat tanpa dukungan materil seperti bantuan sosial, relaksasi bagi UMKM, akan sulit membangun kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan.

Menurutnya, solusi sementara saat ini yang perlu dilakukan Pemprov adalah meningkatkan kualitas Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi dengan melibatkan aparat penegak hukum serta menerapkan aturan yang tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2020 tentang Penanggulangan Covid-19.

“Saran kami, optimalkan saja dulu ketentuan dalam perda tersebut awasi dan tegakkan ketentuan yang ada di dalamnya dengan pelibatan aparat penegak hukum. Dengan PSBB total tanpa dukungan dana bansos yang cukup, relaksasi keuangan bagi UMKM yang cukup akan sulit membangun kesadaran masyarakat,” jelasnya.

Tercatat, 11.907 pasien Covid-19 masih menjalani perawatan dan isolasi. Angka ini terkontribusi dari penambahan kasus 1.057 kasus baru yang didapat Dinas Kesehatan dengan melakukan pelacakan. [eko]

Next Post

Lirik Lagu Berpisah - The Panas Dalam

Judul Lagu: Berpisah Tiba saatnya kita harus berpisah Engkau sangat baik padaku Bahwa pernah ada dirimu dalam hidupku Engkau sangat berarti bagiku Kini berpisah, sayang Semoga kita bahagia Kini berpisah, sayang Semoga kita bahagia Setelah hari ini tersisa hanyalah sepi Berdoa semoga lekas kembali Bagaimana mungkin lupa akan dirimu Sepanjang […]