Jakarta () – PT Nutrifood Indonesia membuka program pendampingan dan pendanaan riset bertajuk Nutrifood Research Center (NRC) Fellowship 2022 yang ditujukan untuk mahasiswa S1 dan S2 bidang kesehatan dan pangan di Indonesia.

Program pendaftaran dibuka mulai 10 Januari hingga 11 Februari. Tim yang berhasil terpilih sebagai awardee NRC Fellowship 2022 akan mendapatkan pendampingan dari tim NRC selama penelitian serta dukungan dana penelitian dengan total senilai ratusan juta rupiah.

“Untuk NRC Fellowship ini kami fokus pada pengembangan potensi calon peneliti muda masa depan supaya mereka memiliki kapabilitas untuk merencanakan dan juga mengeksekusi riset yang baik,” kata Manager Nutrifood Research Center, Felicia Kartawidjaja Putra, saat konferensi pers virtual pada Kamis.

Program pendampingan yang disediakan NRC, kata Felicia, disebut dengan coaching weeks yang akan mempertemukan peneliti dengan para ahli atau profesor pada bidangnya masing-masing.

Pada tahun ini, NRC Fellowship mengangkat tema utama “Peran Peneliti Muda dalam Membangun Indonesia yang Sehat dan Berkelanjutan”.

Pada tahap awal, peserta diharapkan dapat mengirimkan abstrak berisi ide proposal penelitian dengan subtopik seperti produk rendah gula, garam, dan lemak, serta produk berbasis nabati atau plant-based.

Felicia mengatakan nantinya penelitian yang sudah final akan dipublikasikan secara ilmiah oleh Nutrifood. Selain itu, hasil penelitian juga tidak menutup peluang untuk dikembangkan lebih lanjut menjadi suatu produk yang sesuai dengan visi dan misi Nutrifood.

Baca juga: AIPI: Bidang bioteknologi Indonesia tertinggal dari negara lain

“Melalui NRC Fellowship 2022, diharapkan muncul berbagai inovasi produk rendah gula, garam dan lemak yang dapat membantu konsumen untuk mengikuti pola makan yang lebih sehat,” kata Felicia.

Head of Corporate Communication Nutrifood, Angelique Dewi, mengatakan program Fellowship ini sejalan dengan komitmen perusahaan untuk menginspirasi hidup sehat serta menjalankan bisnis secara berkelanjutan.

“Selama beberapa tahun terakhir, Nutrifood telah melakukan beberapa riset terkait pangan nabati dengan berbagai institusi dan kami telah meluncurkan beberapa produk berbasis nabati,” kata Angelique.

Melalui NRC Fellowship 2022, perusahaan berharap dapat mendukung lahirnya penelitian terkait inovasi produk pangan fungsional berbasis nabati di Indonesia yang tidak hanya sehat, namun juga baik bagi bumi.

Baca juga: Menkes harap beasiswa Pfizer dorong penelitian bioteknologi kesehatan

Baca juga: Ini kriteria bagi peminat Biotech Fellowship Pfizer Indonesia

Baca juga: 15 jurnalis ikuti pelatihan jurnalistik hingga kewirausahaan dari AJI

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © 2022