Jakarta () – Nestle Indonesia menghadirkan inovasi dalam hal teknologi digital untuk membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) khususnya dari sektor makanan dan minuman agar bisa melakukan pemasaran produk- produknya secara kreatif.

Inovasi itu ialah "Nestle Secret Recipe BOT" merupakan sebuah platform yang berada di aplikasi WhatsApp dengan memanfaatkan fitur chatbot.

Ketika pelaku UMKM mengaksesnya maka manfaat yang bisa didapatkan lain akses kiat mengambil foto produk yang apik hingga penulisan "caption" ciamik, penyediaan template, background, hingga jenis tulisan menarik untuk melakukan pemasaran kreatif.

​​

​​Baca juga: Hasilkan inovasi gizi MILO Less Sugar hadir tanpa tambahan gula pasir

"Sebagai perusahaan yang telah beroperasi lebih dari 50 tahun di Indonesia, Nestlé senantiasa berkomitmen untuk berinvestasi di Indonesia, termasuk dalam hal mendukung pergerakan ekonomi melalui pemberdayaan UMKM. Oleh sebab itu, Nestlé Indonesia bekerja sama dengan Meta untuk membantu para pelaku usaha dalam membuat konten yang menarik dan meningkatkan usaha mereka selama bulan Ramadhan," kata Presiden Direktur Nestlé Indonesia Ganesan Ampalavanar dalam keterangannya, Minggu.

Sebagai hasil kolaborasi dengan perusahaan teknologi Meta, "Nestle Secret Recipe BOT" dipastikan bisa diakses oleh semua pelaku UMKM di Tanah Air.

Artinya akses menuju layanan ini tidak terbatas dan bisa mencakup semua kalangan UMKM.

Adapun berikut langkah- langkah untuk menggunakan layanan pemasaran kreatif ini.

Pengguna menentukan makanan yang akan dipromosikan dengan menggunakan produk Nestlé, di nya maggi, carnation, kitkat, nescafe, dan dark chocolate daro Nestle Professional.

Setelah itu pelaku UMKM bisa mengakses BOT melalui https://wa.me/+6281211635611.

Untuk pengunaan template, nantinya pengguna bisa memilih template yang telah disediakan di dalam BOT.

Instruksi akan diberikan kepada pengguna untuk pengambilan foto atau video produk sehingga hasil bidikan bisa tepat sasaran.

Setelah itu, pengguna cukup mengunggah foto atau video yang telah diambil menggunakan template yang telah dipilih. Pengguna juga dapat memilih background dan menambahkan teks di dalamnya.

Pengguna akan mendapatkan notifikasi bahwa konten foto atau video siap untuk di-download dan dipublikasikan di media sosial.

Selain mendapatkan arahan dalam pembuatan konten digital, pelaku UMKM dengan karya promosi terbaik juga mendapat keuntungan yaitu pemanfaatan iklan yang didapatkan secara gratis, sehingga konten bisa semakin tersebar secara luas.

Periode penggunaan fitur Nestlé Secret Recipe BOT ini berlangsung mulai tanggal 18 April – 18 Mei 2022.

“Kami merasa sangat bangga bisa melakukan kolaborasi perdana dengan Meta di Indonesia, terutama untuk mendukung UMKM dalam hal pemanfaatan digital dalam bisnis dan usahanya. Harapannya, program ini dapat memperkuat eksistensi produk-produk UMKM serta semakin memperkuat kontribusinya dalam pertumbuhan ekonomi,” tutup Ganesan.

Baca juga: BNI tawarkan solusi dan literasi keuangan untuk UMKM Go Global

Baca juga: Perempuan dominasi pelatihan wirausaha digital Kominfo

Baca juga: Sinergi di sektor pembayaran digital dorong inklusi keuangan UMKM

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © 2022