Nego Kesepakatan Dagang, Luhut dan Erick Thohir akan Bertolak ke AS

Irene

Nego Kesepakatan Dagang, Luhut dan Erick Thohir akan Bertolak ke AS

Pasca memperoleh perpanjangan fasilitas Generalized System of Preferences (GSP) atau pembebasan bea masuk produk impor dari Amerika Serikat (AS), Pemerintah RI berencana melakukan negosiasi Limited Trade Deal (LTD) atau kesepakatan perdagangan secara terbatas dengan Negeri Paman Sam.

Duta Besar Republik Indonesia untuk AS Muhammad Lutfi menyampaikan, sejumlah menteri dijadwalkan terbang ke AS untuk memuluskan negosiasi ini. Kunjungan tersebut nantinya akan dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

Beberapa menteri lainnya juga akan ikut turut serta. Seperti Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perdagangan Agus Soeparmanto, hingga Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate.

“Rencananya pak Luhut beserta beberapa menteri, yang saya tahu kayaknya Menteri Perdagangan, Menteri Kominfo dan Menteri BUMN akan schedule berada di AS pada tanggal 15 November,” ujar Lutfi dalam sesi teleconference, seperti dikutip Selasa (3/11).

Sebelum bertolak ke barat, Pemerintah pada pekan ini akan membahas mengenai rencana pengajuan surat ke Pemerintah AS terkait LTD. Perundingan ini akan melibatkan beberapa instansi seperti Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, dan Kementerian Perdagangan.

Lutfi bercerita, dia juga telah banyak berkomunikasi dengan Luhut yang perannya cukup signifikan untuk membuat Indonesia kembali mendapatkan fasilitas GSP dari AS. Sehingga dalam negosiasi berikutnya Luhut dipastikan akan kembali terlibat.

“Dalam bayangan kita, sebelum akhir November kita akan menuliskan surat. Saya akan kerjasama dengan antar kementerian, untuk sama-sama menggodok masalah LTD ini, dan akan kita memutuskan siapa yang akan menjadi responsible poin dalam negosiasi ini,” terangnya. [azz]

Next Post

Penembakan 6 Lokasi Berbeda di Austria, 1 Tewas dan Belasan Terluka

Penembakan 6 Lokasi Berbeda di Austria, 1 Tewas dan Belasan Terluka. Insiden penembakan yang terjadi di enam lokasi berbeda tersebut telah menewaskan 1 orang pelaku penyerangan dengan 15 orang lainnya cedera. Aparat kepolisian memeriksa seorang pria yang dicurigai saat melakukan patroli setelah insiden penembakan yang terjadi di enam lokasi berbeda […]