Nasaruddin Umar Harap Masjid Istiqlal jadi Pusat Ekosistem Halal Indonesia

Irene

Nasaruddin Umar Harap Masjid Istiqlal jadi Pusat Ekosistem Halal Indonesia

Badan pengelola Masjid Istiqlal berkolaborasi dengan BIG Indonesia meluncurkan Program Istiqlal Indonesia Halal Centre (IIHC) untuk tahun 2021. Masjid Istiqlal, melalui Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI) menginisiasi dan mengembangkan beragam kegiatan strategis dalam bidang peribadatan, dakwah, pendidikan, sosial, ekonomi dan digital untuk mendukung program strategis pemerintah dan visi global Masjid Istiqlal sebagai e-mosque.

“Wajah baru Masjid Istiqlal di samping untuk ibadah dan dakwah, kini juga didayagunakan untuk mengkaji ilmu, berkesenian, menjalankan kegiatan sosial, juga pusat kegiatan ekonomi umat. Artinya, Masjid Istiqlal dapat menjadi hub untuk meningkatkan dan memberdayakan ekonomi umat,” kata Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar, Rabu (23/12/2020).

Nasaruddin mengungkapkan, salah satu poin dalam kolaborasi tersebut adalah membangun Ekosistem Halal Global. “Poin yang sangat penting yang akan dikembangkan oleh IIHC, pertama adalah semacam ada kolaborasi ekosistem halal program,” jelas dia.

Menurut dia, Indonesia masih tertinggal dari Jepang dan Thailand dalam program halal meski Islam bukan mayoritas di negara tersebut.

“Thailand dan Jepang umat Islamnya tak sebesar Indonesia, namun mereka begitu ambisius menjadi tuan rumah terhadap program halal,” tegas dia.

Nasaruddin berharap, Istiqlal bisa menjadi sarana dan prasarana agar produk halal dari UKM lebih menjanjikan di masa depan.

“Istiqlal hadir terutama untuk UKM, apa dan bagaimana jaminan produk halal. Bagaimana bisa menjadi ranah ekonomi produk halal ini menjadi suatu yang menjanjikan di masa depan,” tutur Nasaruddin. [ded]

Next Post

Kemenhan: Wamenhan Herindra akan Mampu Imbangi Selera Humor dan Kinerja Prabowo

Juru Bicara Menteri Pertahanan, Dahnil Anzar meyakini penunjukan Letjen Muhammad Herindra sebagai Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) dapat membantu kerja-kerja Menhan Prabowo Subianto. Hal itu disampaikan Dahnil dalam unggahan dalam Instagram pribadinya di @dahnil_anzar_simanjuntak, Kamis (24/12/2020). “Kami yakin, penunjukkan Bang Herindra oleh Presiden @jokowi akan sangat membantu kerja-kerja Pak Prabowo di […]