Breaking News in Indonesia

Naik 90 Centimeter dalam Tiga Jam, Bendung Katulampa Siaga 3

Naik 90 Centimeter dalam Tiga Jam, Bendung Katulampa Siaga 3

Tinggi muka air di Bendung Katulampa, Kota Bogor berada pada 100 centimeter, dengan status siaga tiga. Ketinggian bisa bertambah, karena hujan lebat masih mengguyur kawasan hulu atau Puncak, Kabupaten Bogor, Jumat (19/2).

“Sebagian besar wilayah Bogor hujan sejak dini hari tadi. Sekarang di Kota Bogor mendung. Di Puncak masih hujan,” kata Kepala Penjaga Bendung Katulampa, Andi Sudirman.

Dia juga memperingatkan masyarakat yang berada di Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciliwung untuk waspada, mulai dari hulu hingga hilir. Terlebih peningkatan TMA cukup signifikan hanya dalam beberapa jam.

Dia menjelaskan, pada pukul 06.00 WIB, TMA di Bendung Katulampa terbilang normal dengan ketinggian 30 centimeter. Namun, karena di kawasan Puncak hujan lebat, pada pukul 08.55 WIB, TMA telah mencapai 100 centimeter atau siaga tiga.

“Di sini (Kota Bogor) mendung. Tapi di Puncak masih hujan deras. Jadi waspada jika sewaktu-waktu ketinggian air meningkat. Catatan kami, debit air saat ini 138 meter kubik per detik,” jelas Andi. [fik]