MTI Sebut Potensi Penularan Covid-19 di Kendaraan Pribadi Lebih tinggi

Irene

MTI Sebut Potensi Penularan Covid-19 di Kendaraan Pribadi Lebih tinggi

Ketua Umum Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Agus Taufik Mulyono menyebut bahwa potensi penularan virus Covid-19 lebih tinggi di kendaraan pribadi dibanding transportasi umum. Sebab, transportasi umum telah menerapkan protokol Kesehatan secara ketat.

“Memang untuk angkutan kendaraan darat atau kendaraan pribadi tidak diterapkan pengendalian protokol Kesehatan, berbeda seperti penerbangan, pelayaran maupun angkutan bus yang sudah terakreditasi,” kata Agus dalam Webinar 'Mudik Natal dan Tahun Baru di Masa Pandemi Covid-19' di Jakarta, Senin (21/12).

Menurutnya, kendaraan pribadi seperti kendaraan sewa banyak melakukan perjalanan darat di libur Natal dan Tahun Baru. Ini ditakutkan membawa virus Covid-19 ke daerah tujuan.

“Ini yang perlu untuk dipantau, jalan keluarnya bagaimana, karena ini persoalannya penting,” tegasnya.

Di sisi lain, pemerintah kabupaten daerah yang menjadi tujuan wisata seperti Bali dan lain-lainnya memiliki kemampuan yang sangat terbatas dalam mengelola pengendalian covid-19.

“Oleh karena itu seperti di Jakarta ada suatu kebijakan orang-orang jangan keluar, biarlah berdatangan dari luar, tapi kami semua tidak boleh keluar, ini salah satu kebijakan,” ujarnya.

Agus mengaku prihatin melonjaknya kasus positif Covid-19 di masa liburan beberapa waktu lalu. Dia menduga ini terjadi karena perjalanan menggunakan mobil pribadi yang menimbulkan kerumunan dan berpotensi tinggi dalam penyebaran virus Covid-19.

“Tentu ke depan MTI bersama-sama dengan stakeholder terkait mengambil alih peran aktif untuk memberikan satu sikap, sebaiknya harus bagaimana pemerintah ini kebijakan pemerintah yang membingungkan publik bikin puyeng dengan rapid antigen dan vaksin, dan sebagainya,” pungkasnya.

Reporter: Tira Santia

Sumber: Liputan6.com [idr]

Next Post

Anggota Polisi Diduga Perkosa dan Peras PSK di Bali Ditetapkan Jadi Tersangka

Anggota Polri di Bali diduga melakukan pemerkosaan dan pemerasan terhadap Pekerja Seks Komersial (PSK) online berinisial MIS (21) telah ditetapkan menjadi tersangka. Diketahui, anggota itu bernama Briptu Ryanzo Christian Ellesy Napitupulu. “Sudah jadi tersangka,” kata Direskrimum Polda Bali, Kombes Dodi Darmawan, Senin (21/12). Namun, dia tidak memberikan jawaban saat awak […]