Monitoring Temuan, Pemkot Tarakan Luncurkan Aplikasi Sistem Informasi Kerugian Daerah

Irene

Monitoring Temuan, Pemkot Tarakan Luncurkan Aplikasi Sistem Informasi Kerugian Daerah

Pemerintah Kota Tarakan luncurkan empat inovasi aplikasi penunjang kinerja Pemerintahan,di Gedung Serbaguna Kantor Wali Kota Tarakan. Selaras dengan visi-misi Pemerintah Kota Tarakan yakni Smart City, dalam hal pemanfaatan teknologi informasi Pemerintah Kota melalui Inspektorat Tarakan meluncurkan Aplikasi Sistem Informasi Kerugian Daerah.

Kepada Awak Media, Kepala Inspektorat Kota Tarakan, Abdul Aziz Hasan mengungkapkan, khusus Aplikasi Sistem Informasi Kerugian Daerah merupakan sebuah aplikasi yang berisi beberapa temuan. Jika Wali Kota membuka aplikasi ini nantinya akan muncul informasi mengenai sejumlah nama PNS atau Pegawai yang bertanggungjawab atas temuan itu.

“Aplikasi ini ada kepada Kepala Daerah, jika aplikasi itu dibuka maka akan muncul beberapa temuan, yaitu berapa yang sudah dilaksanakan, berapa yang sudah selesai, berapa yang masih dalam proses tindak lanjut, dan berapa proses yang tidak ditindaklanjuti, aplikasinya hanya tinggal dibuka. Kemudian jika Wali Kota ingin mengetahui siapa PNS yang bertanggungjawab maka hanya tinggal mengklik maka akan kelihatan,” jelas Abdul Azis Hasan.

Abdul Azis hasan menambahkan Karena berisi informasi maka aplikasi ini bisa digunakan oleh Tim Baperjakat (Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan) sebagai bahan pertimbangan seseorang yang ingin mempromosikan jabatannya dengan syarat harus memiliki prestasi dan integritas yang baik dalam artian tidak memiliki temuan yang bersifat kerugian daerah namun jika bermasalah serta mempunyai tunggakan maka akan menjadi pertimbangan untuk dipromosikan.

“Misalnya ada si A mau di promosikan jabatannya, namun orang yang akan dipromosikan ini harus clear, harus punya prestasi tetapi juga harus mempunyai integritas yang baik, dalam artian ia tidak memiliki temuan yang sifatnya kerugian daerah, atau jika ia mempunyai temuan kerugian daerah maka temuan itu harus sudah selesai,” Kata Abdul Azis Hasan.

“Jika kemarin kita tidak melihat dari sisi integritas, namun sekarang dengan adanya aplikasi ini, kita bisa buka, misalnya ada seseorang yang ingin dipromosikan jabatan, namun jika dibuka aplikasinya apabila namanya dibuka dan tidak ada, maka seseorang tersebut bersih, tetapi jika dibuka dan ada namanya serta tunggakan maka ini yang akan menjadi pertimbangan,” tambahnya.

Kegiatan yang dirangkai dengan Kegiatan Pengukuhan Majelis Pertimbangan Penyelesaian Kerugian Daerah dan Sosialisasi SOP Penyelesaian Tuntutan Ganti Kerugian Daerah Di Lingkungan Pemerintah Kota Tarakan diwaktu yang sama juga dilaunching sejumlah aplikasi baru diantaranya Aplikasi Sistem Informasi Kerugian Daerah Aplikasi Organisasi Masyarakat Cinta NKRI Aplikasi Data Terintegrasi Sinkron dan Valid Serta Aplikasi Siuji. [hhw]

Next Post

Lirik Lagu Lir Ilir - Tembang dolanan

Judul Lagu: Lir Ilir Lir ilir, lir ilir Tandure wis sumilir Tak ijo royo-royo tak senggo temanten anyar Cah angon-cah angon penekno blimbing kuwi Lunyu-lunyu yo penekno kanggo mbasuh dodotiro Dodotiro-dodotiro kumitir bedhah ing pinggir Dondomono jlumatono kanggo sebo mengko sore Mumpung padhang rembulane Mumpung jembar kalangane Yo surako Surak […]