Menteri Basuki Ingin Infrastruktur Masa Depan Bisa Tangkal Risiko Bencana

Irene

Menteri Basuki Ingin Infrastruktur Masa Depan Bisa Tangkal Risiko Bencana

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menekankan pentingnya teknologi infrastruktur di masa depan untuk beradaptasi dengan bencana tak terduga, seperti pandemi virus corona. Hal itu diungkapkannya dalam lokakarya virtual, Megastruktur dan Infrastruktur Tahan Gempa Indonesia Karya Anak Bangsa.

“Pada tahun 2020 ini kita menghadapi situasi yang tidak terduga sebelumnya, yaitu pandemi Covid-19. Pada Agustus 2020 yang lalu, saya menekankan pentingnya perencanaan dan perancangan yang baru untuk memastikan sistem publik dan swasta yang tangguh dalam menghadapi risiko bencana di masa depan. Khususnya yang terkait dengan air dan pandemi Covid-19,” kata Basuki, , Kamis (24/9).

“Mengambil pelajaran dari pandemi Covid-19 ini, tampaknya di masa depan kita perlu memiliki pengetahuan dan teknologi untuk infrastruktur yang memiliki daya tahan terhadap multiple disaster,” imbuhnya.

Menurut dia, teknologi konstruksi tahan gempa dan mitigasi bencana sebenarnya telah banyak dihasilkan oleh akademisi, peneliti dan praktisi dari berbagai instansi di Tanah Air.

Desain teknologi itu disebutnya telah banyak diimplementasikan dalam pembangunan infrastruktur berskala kecil dan besar. Namun sayangnya, hal tersebut belum banyak diketahui oleh masyarakat dan pelaku industri konstruksi.

“Teknologi tersebut telah digunakan pada infrastruktur, baik skala kecil, menengah hingga besar atau megastruktur, seperti jembatan bentang panjang, bendungan, dan gedung-gedung pencakar langit. Namun teknologi tersebut masih belum banyak diketahui masyarakat dan dunia usaha,” ujarnya.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [azz]

Next Post

Gandeng Startup Unicorn, BRI Akselerasi Penyaluran KUR Digital

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus mengakselerasi penyaluran Kredit Usaha Rakat (KUR) secara digital melalui kerja sama dengan eksosistem platform e-commerce dan ride hailing, sebagai terobosan perusahaan dalam mendukung UMKM agar bertahan dan bangkit dari pandemi Covid-19. Direktur Bisnis Mikro Bank BRI Supari mengungkapkan fokus perusahaan saat ini diarahkan […]