Menkop Teten Ajak Himpunan Pengusaha Nahdliyin Kembangkan Koperasi dan UMKM

Irene

Menkop Teten Ajak Himpunan Pengusaha Nahdliyin Kembangkan Koperasi dan UMKM

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengajak Himpunan Pengusaha Nahdliyin untuk turut serta terlibat dalam upaya pengembangan koperasi dan UMKM di Indonesia.

“Saya mengajak para nahdliyin, terutama yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Nahdliyin, untuk ikut serta membangun dan mengembangkan koperasi dan UMKM,” kata Teten Masduki dalam acara Hari Lahir Ke-9 Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) yang digelar secara virtual, ditulis Sabtu (10/10).

Teten mengatakan, selama ini banyak koperasi yang berkembang di lingkungan Nahdliyin dan hal ini dapat menjadi modal pendukung untuk kerja sama tersebut. Sehingga dia berharap para pengusaha Nahdliyin menjadi motor penggerak kebangkitan ekonomi Indonesia di tengah pandemi Covid-19.

Terlebih, dia menekankan bahwa struktur ekonomi Indonesia memiliki formasi 99 persen UMKM, dengan tingkat penyerapan kerja mencapai 97 persen, dan kontribusi ke PDB hingga 60 persen. Alhasil kontribusi dari UMKM untuk PDB Indonesia dinilai sangat besar.

“Jadi, ekonomi Indonesia ini sebenarnya UMKM. Namun sayangnya produktivitas UMKM masih terlalu rendah dibandingkan dengan usaha besar atau korporasi yang jumlahnya 1 persen, inilah tantangan utama kita,” terangnya.

Namun, di tengah pandemi ini UMKM mengalami dampak yang luar biasa, dan kondisinya berbeda dengan krisis 1998 di mana ketika usaha besar berjatuhan, UMKM justru menyelamatkan ekonomi Indonesia.

“Saat ini beda, seluruh dunia sekarang mengalami krisis. UMKM sangat terdampak dari sisi supply maupun demand. Banyak survei dilakukan, salah satunya dari ADB, yang mencatat bahwa 50 persen UMKM diperkirakan akan menutup usahanya, sementara 88 persen usaha mikro sudah tidak lagi memiliki tabungan,” tegasnya. [idr]

Next Post

Kuil Dewa Odin dan Thor 1.200 Tahun Ditemukan di Norwegia

Jakarta, Indonesia — Sisa-sisa kuil pagan berusia 1.200 tahun untuk dewa-dewa Nordik Kuno seperti Odin dan Thor ditemukan di Norwegia. Peninggalan langka agama Viking itu dibangun beberapa abad sebelum agama Kristen dominan di sana. Para arkeolog mengatakan bangunan kayu besar dengan panjang 14 meter, lebar 8 meter, dan tinggi 12 meter diperkirakan […]