Menkominfo Ajak Dunia Penyiaran Mempercepat Migrasi Siaran ke TV Digital

Irene

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny Gerard Plate, mengajak dunia penyiaran melakukan lompatan baru dan besar guna mempercepat migrasi siaran ke televisi digital. Pernyataan tersebut disampaikan Johnny disela acara gala dinner Hari Penyiaran Nasional ke-88 di Istana Mangkunegaran, Rabu (31/3) malam.

“Untuk mempercepat migrasi siaran ke televisi digital harus ada lompatan baru dan lompatan besar dari dunia penyiaran,” ujarnya.

Melalui penguatan regulasi dan kepastian hukum bagi para pelaku industri postelsiar, pihaknya mendorong lembaga penyiaran untuk turut mempersiapkan dan melaksanakan transformasi digital Indonesia.

Menurut Johnny, migrasi ke televisi digital akan membuat industri penyiaran lebih efisien. Untuk itu pihaknya mendorong sosialisasi migrasi siaran televisi dari analog ke digital.

“Kita harus memanfaatkannya untuk kepentingan ekonomi nasional dan industri penyiaran nasional,” terangnya.

Digitalisasi televisi, dijelaskan Johnny, akan mendorong pembebasan frekuensi siaran analog. Hal tersebut dapat menciptakan digital dividend bagi masyarakat Indonesia. Keberadaan digital dividend dinilai dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan teknologi telekomunikasi terbaru.

“Selain itu juga bisa memperkuat kualitas layanan telekomunikasi di berbagai sektor publik. Termasuk untuk peningkatan kualitas jaringan 4G dan pengembangan jaringan 5G,” jelas Menkominfo.

Acara gala dinner juga dihadiri Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa, Raja Mangkunegara IX, Ketua Komisi Penyiaran Indonesia, Ketua dan Wakil Ketua Komisi 1 DPR RI, Ketua Komisi Penyiaran Indonesia serta Direktur Utama LPP TVRI dan RRI. [ray]

Next Post

Honda Resmikan Diler Pertama di Kota Palopo, Sulawesi Selatan

Untuk kali pertama, PT Honda Prospect Motor (HPM) memperkenalkan diler Honda Sanggar Laut Palopo sebagai diler pertama di kota Palopo, Sulawesi Selatan, kemarin (31/3). Honda Sanggar Laut Palopo menawarkan layanan 3S + BP (Sales, Service, Spare Parts dan Body & Paint) yang sesuai dengan standar tinggi Honda. Dengan lahan seluas […]