Mendikbud: Jangan Sia-Siakan Waktu Ini Hanya untuk Melihat Apa yang Negatif

Irene

Mendikbud: Jangan Sia-Siakan Waktu Ini Hanya untuk Melihat Apa yang Negatif

Sudah tujuh bulan lebih pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Mendikbud Nadiem Makarim meminta semua pihak tidak hanya meratapi kondisi yang ada saat ini karena tak akan membuat sesuatu menjadi lebih baik.

“Jangan sia-siakan waktu ini untuk hanya melihat apa yang negatif. Karena kita tidak akan mungkin bisa menjadi lebih baik kalau kita hanya melihat sisi negatifnya,” kata Nadiem dalam acara Indonesia Bicara yang disiarkan melalui kanal Youtube Media Indonesia pada Kamis (5/11).

Menurut Nadiem, seharusnya semua pihak melihat pandemi ini sebagai kesempatan untuk belajar dalam segala hal.

“Kalau kita melihat ini sebagai kesempatan pembelajaran, kita akan evolusi. Sebagai manusia, sebagai guru, sebagai dosen, sebagai pengawas, sebagai mahasiswa, sebagai siswa, sebagai orangtua itu kita akan mengakselerasi lebih cepat,” tegasnya.

Nadiem berpesan supaya menggunakan waktu semasa pandemi ini untuk terus belajar. Baik belajar mengenai diri sendiri maupun belajar mengenai pendidikan.

“Dan harus dengan otak yang terbuka dan tidak emosi. Sulit sekali kita belajar kalau kita sedang dalam situasi emosional,” ucap dia.

Mendikbud menuturkan, masyarakat juga bisa menggunakan waktu selama pandemi ini untuk belajar berwirausaha. Pola pikir seperti ini, menurut Nadiem, akan bermuara pada perkembangan secara personal.

“Mindset itu yang namanya growth mindset pola pikir bahwa yang terpenting adalah kita terus berevolusi, terus belajar. Itu adalah hal yang terpenting yang bisa kita lakukan di massa krisis ini,” tandas Mendikbud.

Reporter: Yopi Makdori

Sumber: Liputan6.com [lia]

Next Post

Jurus OJK Dorong Inovasi Model Inklusi Keuangan di Tanah Air

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus menggenjot inovasi model inklusi keuangan di Tanah AIr. Bahkan, Selama bulan Oktober 2020, OJK bersama dengan kementerian/lembaga, Lembaga Jasa Keuangan dan stakeholders terkait menyelenggarakan kegiatan Bulan Inklusi Keuangan (BIK). Dalam acara ini, OJk juga Kompetisi Inklusi Keuangan (KOINKU) 2020. Kompetisi ini diadakan dalam rangka mencari […]