Mekanik Helikopter Asal Ukraina Meninggal karena Covid-19, Dimakamkan di Timika

Irene

Mekanik Helikopter Asal Ukraina Meninggal karena Covid-19, Dimakamkan di Timika

Mekanik helikopter Dimonim Air asal Ukraina, Volodymyr Padenko (58) meninggal dunia karena terpapar Covid-19. Pria yang sebelumnya baru bertugas beberapa bulan di Timika, Papua tersebut dimakamkan di lokasi pemakaman khusus Covid-19, Kelurahan Kamoro Jaya SP1 Timika.

Beberapa rekan kerja almarhum, lima orang di antaranya merupakan WN Ukraina yang bekerja sebagai pilot dan mekanik pesawat Dimonim Air juga ikut mengantar jenazah Volodymyr dari kamar jenazah RSUD Mimika menuju lokasi pemakaman di TPU SP1 Timika.

Perwakilan dari maskapai Dimonim Air, Arie mengatakan keluarga almarhum sempat mengharapkan agar jenazah Volodymyr dibawa pulang kembali ke negara asalnya. Namun harapan itu urung terkabul lantaran yang bersangkutan didiagnosa positif terpapar Covid-19 melalui hasil pemeriksaan PCR.

“Ada permintaan dari keluarga agar jenazah almarhum dibawa kembali ke negara asalnya. Tapi kami harus mengikuti protokol Covid-19 yang dikeluarkan oleh Satgas Covid-19 di Mimika,” kata Arie, Kamis (19/11). Dikutip dari Antara.

Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Mimika, Whisnu Galih Priawan mengakui adanya permintaan dari keluarga almarhum Volodymyr untuk membawa pulang jenazah ke Ukraina.

“Keluarga memang menginginkan dia kembali, tapi hasil pemeriksaan oleh RSUD Mimika menyatakan dia positif Covid-19, sehingga sesuai protokol kesehatan jenazahnya tidak bisa diberangkatkan kembali ke negara asalnya,” kata Whisnu.

Setelah berkoordinasi dengan pihak keluarga, perusahaan penjamin dan Kedutaan Besar Ukraina di Indonesia serta Kepolisian dan RSUD Mimika, maka diputuskan jenazah almarhum Volodymyr dimakamkan di TPU SP1 Timika.

Volodymyr meninggal dunia di Ruang Resusitasi Sari, Isolasi IRD RSUD Mimika sejak Minggu (15/11) malam akibat sakit sesak napas.

Pihak Imigrasi Mimika akan segera membuat pemberitahuan kepada pihak Kedubes Ukraina di Indonesia terkait prosesi pemakaman almarhum Volodymyr yang sudah dilakukan secara layak sesuai ketentuan protokol kesehatan.

Whisnu mengatakan kasus kematian warga negara asing akibat terpapar Covid-19 di Mimika merupakan yang pertama sehingga diharapkan semua pihak harus benar-benar memperhatikan penegakkan protokol kesehatan di tempat kerja.

“Kami mengimbau pihak sponsor atau penjamin untuk segera melaporkan ke Imigrasi apabila ada orang-orang asing yang diduga terpapar Covid-19,” jelasnya.

Saat ini maskapai Dimonim Air mempekerjakan lima WNA asal Ukraina yang bertugas sebagai pilot dan mekanik pesawat terbang. Almarhum Volodymyr diketahui tiba di Indonesia sejak 14 Agustus 2020 dan setelah itu berangkat menuju Timika untuk bekerja sebagai mekanik helikopter Dimonim Air.

Adapun perusahaan penjamin yang bersangkutan selama berada di Indonesia yaitu PT Purawisata Baruna. Sebelum dilarikan ke RSUD Mimika untuk mendapatkan perawatan, Volodymyr diketahui menginap di Hotel Grand Mozza Jalan Cenderawasih SP2 Timika. [cob]

Next Post

Menlu Retno Komitmen Perangi Diskriminasi Sawit Oleh Uni Eropa

Menteri Luar Negeri Rento Marsudi kembali angkat suara seputar diskriminasi produk kelapa sawit Indonesia oleh Uni Eropa. Menurutnya, tindak diskriminatif tersebut bertentangan dengan prinsip kemitraan dan kolaborasi yang diusung Indonesia. “Indonesia selalu mengedepankan kerjasama dan kolaborasi dengan mitra-mitra kita. Tapi ketika berkaitan dengan kepentingan nasional, kita juga harus tegas, apalagi […]