Breaking News in Indonesia

Masuk Zona Merah Covid-19, Dua Lingkungan di Kota Medan Diisolasi

Pemerintah Kota (Pemkot) Medan mulai memberlakukan isolasi lingkungan di Kecamatan Medan Johor dan Kecamatan Medan Selayang, mulai Jumat (27/5) malam. Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Medan, Wiriya Alrahman, mengatakan pemberlakuan isolasi ini disebabkan karena salah satu lingkungan di dua kecamatan tersebut masuk dalam zona merah penyebaran Covid-19.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kota Medan, terdapat 14 warga dari 6 rumah yang terpapar Covid-19 di Lingkungan VII, Kelurahan Gedung Johor, Kecamatan Medan Johor. Sedangkan, di Lingkungan X, Kelurahan Tanjung Sari, Kecamatan Medan Selayang, jumlah warga yang terpapar Covid-19 berjumlah 14 orang dari 8 rumah.

“Sesuai arahan Wali Kota Medan kami akan memberlakukan isolasi di kedua lingkungan tersebut mulai hari ini pada pukul 19:00 WIB sampai pukul 06.00 WIB. Oleh karena itu camat diminta melakukan sosialisasi kepada masyarakat khususnya di lingkungan yang akan diberlakukan isolasi agar mereka memahaminya,” kata Wiriya, Jumat (28/5).

Wiriya mengungkapkan alasan kenapa pemberlakukan isolasi lingkungan dimulai pada malam hari lantaran saat pagi dan siang banyak warga yang tidak terpapar melakukan aktivitas. Kendati isolasi lingkungan tidak dilakukan seharian penuh. Namun petugas yang berjaga di pos kelurahan akan berjaga selama 24 jam.

“Pemberlakuan isolasi lingkungan ini berlangsung selama seminggu dan nantinya akan dievaluasi. Warga yang terpapar dan melakukan isolasi mandiri di lingkungan yang diisolasi. Nantinya Pemkot Medan akan memenuhi nutrisinya dengan memberikan makanan yang siap dikonsumsi dan suplemen maupun vitamin. Selain itu mereka juga akan dipantau perkembangan kesehatannya setiap hari,” ungkapnya.

Pemberlakuan isolasi lingkungan ini juga akan dilakukan di kecamatan lainnya yang wilayahnya terjadi lonjakan penyebaran Covid-19. Pihak kecamatan pun diminta melaporkan setiap hari perkembangan data penyebaran Covid-19.

“Dinas Kesehatan nantinya akan melakukan analisis data dari kecamatan. Jika ada wilayah yang terjadi lonjakan maka Pemkot Medan akan segera mengambil langkah untuk melakukan isolasi lingkungan di wilayah tersebut. Artinya jika di lingkungan terdapat 5 rumah yang terpapar virus Covid-19 maka dikategorikan masuk kedalam zona merah dan diwajibkan pemberlakuan isolasi lingkungan,” pungkas Wiriya. [ray]