Jakarta () – Jagung memiliki nilai gizi tergantung pada bagaimana sayuran itu disiapkan. Makanan ini memiliki serat dan vitamin yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan masalah gastrointestinal, kata Amber Robins, MD, seorang dokter keluarga di One Medical, praktik perawatan primer.

Aturan praktisnya, seperti dikutip dari Insider, Sabtu, semakin sedikit jagung itu diproses, maka semakin sehat. Satu cangkir biji jagung mengandung 4,46 gram serat atau 18 persen dari nilai harian yang direkomendasikan (DV) untuk rata-rata orang dewasa.

Jagung juga mengandung 47 mg magnesium atau sekitar 13 persen dari target yang direkomendasikan untuk rata-rata orang dewasa. Magnesium penting untuk membantu menjaga kestabilan gula darah dan tekanan darah serta mengatur fungsi otot dan saraf.

Kandungan lainnya yakni 124 mg fosfor untuk menjaga tulang dan gigi, 414 mg kalium demi membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke, 1 mg zinc atau sekitar 10 persen dari kuota harian rata-rata orang dewasa untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat dan menyembuhkan luka.

Jagung juga mengandung gula dan karbohidrat yang dapat meningkatkan kadar gula darah Anda, tetapi masih bisa menjadi bagian yang sehat dari diet Anda asalkan tidak berlebihan. Penyandang diabetes tidak perlu menghindari jagung, tetapi sebaiknya perhatikan porsi.

Anda bisa merebus, mengukus atau memanggang jagung. Seperti dikutip dari WebMD, jagung rasanya paling manisapabila disajikan dalam waktu 5 hari setelah membelinya. Bila Anda tidak bisa langsung memasaknya, biarkan kulitnya dan masukkan ke dalam lemari es agar tetap segar hingga 5 hari.

Popcorn, yang berasal dari biji jagung kering dan dianggap sebagai gandum utuh juga merupakan bentuk jagung yang bernutrisi. Satu porsi popcorn mengandung 14 persen dari kebutuhan serat harian Anda serta beberapa zat besi, vitamin B-6, dan magnesium. Tetapi jika Anda ingin mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal darinya, maka sebaiknya Anda singkirkan mentega dan garam.

Sementara itu, jagung dalam bentuk yang diproses seperti sirup jagung fruktosa atau minyak cenderung kehilangan banyak nutrisi. Jadi, bila Anda ingin makan lebih sehat, Anda hanya perlu fokus pada makanan utuh yang tidak diproses.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © 2021