Libur Paskah, Satgas Covid-19 Ingatkan ASN Tak Bepergian

Irene

Umat Kristiani tengah merayakan Paskah hari ini, 2 April 2021. Di tengah perayaan Paskah, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk tidak bepergian keluar daerah jika tak mendesak.

Larangan ini sudah diatur dalam Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Nomor 7 Tahun 2021 tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian ke Luar Daerah bagi Pegawai ASN Selama Hari Peringatan Wafat Isa Al Masih dalam Masa Pandemi Covid-19.

“Harap diingat, bahwa mobilisasi keluar daerah hanya diizinkan untuk dilakukan dalam rangka menjalankan dinas atau penugasan,” tegas juru bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, Jumat (2/4).

Wiku menjelaskan, ASN yang memiliki penugasan di luar daerah pada Hari Paskah harus mendapatkan izin tertulis dari pejabat kepegawaian di lingkungan instansinya. Jika tak mendapatkan izin tertulis, tidak boleh melakukan perjalanan dinas.

Selain mengingatkan ASN, Wiku juga mengimbau pemerintah daerah mengoptimalisasi peran pos komando (posko) dalam menegakkan protokol kesehatan saat liburan Paskah. Pemerintah daerah juga harus terus memantau kawasan wisata yang banyak dikunjungi para wisatawan.

Pesan penegakan protokol kesehatan dan mengurangi mobilitas juga disampaikan kepada masyarakat. Wiku menekankan peran masyarakat sangat besar untuk mencegah potensi penularan Covid-19.

“Sementara bagi media massa kami minta ikut membantu menyebarluaskan imbauan yang disampaikan Satgas Covid-19. Karena hal ini dapat menjadi upaya untuk saling mengingatkan bahwa hari libur justru harus menjadi saat di mana protokol kesehatan semakin ditegakkan,” tandasnya. [eko]

Next Post

Pesan Jokowi di Hari Paskah: Di Balik Kesulitan Pasti Ada Kemudahan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat memperingati hari Jumat Agung kepada umat kristiani. Dia mengatakan dibalik kesulitan yang dihadapi saat ini pasti ada kemudahan. “Di balik setiap kesulitan yang dihadapi umat manusia, di balik setiap pengorbanan, akan ada kemudahan,” kata Jokowi dalam akun instagramnya, Jumat (2/3). Sementara itu, Wakil Presiden […]