Breaking News in Indonesia

Libur Paskah, Polrestabes Semarang Layani Drive Thru Swab Antigen

Satlantas Polrestabes Semarang menyediakan layanan swab antigen melalui pelayanan tanpa turun dari kendaraan atau drive-thru di rest area Tol Jatingaleh KM 424 Semarang Sabtu (3/4). Pengemudi butuh 15 menit untuk menunggu hasil swab antigen sebagai upaya mengantisipasi penyebaran covid-19 libur paskah di akhir pekan.

“Seluruh rangkaian swab antigen tersebut dilakukan Drive Thru. Jadi pengemudi tidak perlu turun dari mobil, kalo hasil swab positif atau reaktif, pengemudi ini nantinya akan langsung ditangani oleh tenaga medis yang stand by di posko,” kata Kasat Lantas Polrestabes Semarang AKBP Sigit, Sabtu (3/4).

Dia mengungkapkan kegiatan swab antigen drive-thru dilakukan sejak Jumat (2/4) hingga minggu (4/4). Semua kendaraan yang melintas di tol Jatingaleh, dialihkan petugas satlantas untuk masuk rest area.

“Kendaraan yang melintas kami alihkan rest area yang harusnya bisa menampung 200 kendaraan. Kita hanya bisa menampung 50 persen dari kapasitas,” ungkapnya.

Pengendara kendaraan dilakukan swab antigen oleh tim medis dari Biddokkes Polda Jateng. Semua orang yang berada dalam kendaraan wajib swab antigen.

“Semual layanan kita berikan gratis. Namun alurnya pengendara melaksanakan pendaftaran di meja 1, kemudian dilanjutkan ke meja 2. Selanjutnya pengemudi bisa mengambil hasil swab di meja 3 sekitar 10-15 menit setelah Swap Antigen dilakukan,” jelasnya.

Selain menyediakan pelayanan swab antugen drive-thruu, saat ini petugas terus melaksanakan pemantauan dan pengamanan pada masyarakat yang sedang melaksanakan libur panjang. Situasi arus lalu lintas dari arah Semarang menuju Jakarta naik dua kali lipat dari hari sebelumnya yaitu Kamis (1/4).

“Berdasarkan data yang diterima ada 3.000 kendaraan yang masuk Semarang Kamis 1 April. Pada jumat 2 April ada 6.000 kendaraan. Meski demikian, arus lalin dari arah sebaliknya atau dari arah Jakarta menuju Semarang tidak mengalami kenaikan yang signifikan,” ujarnya.

Pihaknya juga menghimbau pada pengemudi untuk selalu berhati-hati dalam berkendara dan selalu patuhi rambu lalu lintas.

“Tetap jaga kebersihan dengan mencuci tangan, memakai masker, selalu jaga jarak dimana pun berada dan juga menjauhi kerumunan sesuai anjuran Pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” tutup Sigit. [eko]