Lantik 5 Wamen, Jokowi Tambah Posisi Wamenkes dan Wamenkum HAM

Irene

Lantik 5 Wamen, Jokowi Tambah Posisi Wamenkes dan Wamenkum HAM

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik 5 wakil menteri di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (23/12). Pelantikan dilakukan dengan protokol kesehatan.

Lima wakil menteri yang dilantik adalah Letjen TNI Muhammad Herindra sebagai Wakil Menteri Pertahanan, Edward Komar Syarif Hiariez sebagai Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Dante Saksono Harbuwono sebagai Wakil Menteri Kesehatan, Harfiq Hasnul Qolbi sebagai Wakil Menteri Pertanian dan Pahala Nugraha Mansyuri sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara.

Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) no 76/M/2020 tentang pemberhentian dan pemberhentian dan pengangkatan wakil menteri negara kabinet Indonesia Maju Tahun 2019/2024. Pelantikan dilakukan bersamaan dengan pelantikan para 6 menteri baru yang sudah dikenalkan Jokowi.

“Bersediakah saudara-saudara untuk diambil sumpah menurut agama masing-masing,” tanya Jokowi.

“Bersedia,” jawab para calon menteri dan wakil menteri serentak.

“Apabila demikian harap mengikuti dan mengulangi kata-kata saya,” kata Jokowi

“Demi Allah, Demi Tuhan bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi Dharmabakti saya kepada bangsa dan negara bahwa saya dalam menjalankan tugas dan jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab,” sebut Jokowi yang kemudian diikuti para calon menteri dan wakil menteri.

Sebelumnya diketahui jabatan wakil menteri yang ditambah Jokowi yaitu Wakil Menteri Kementerian Kesehatan, Wakil Menteri Kementerian Hukum dan Ham, Wakil Menteri BUMN, dan pertanian. [fik]

Next Post

Avaloq's Acquisition by NEC Successfully Completed

TOKYO, Dec 23, 2020 – (JCN Newswire) – Avaloq, a Swiss-based global leader in digital banking solutions and wealth management technology, and Japan-based NEC Corporation today announced the closing of NEC’s acquisition of Avaloq. Each being a market leader in their own field, the combination of their shared vision, technological […]