Breaking News in Indonesia

Kubu Rizieq Bakal Uji Kejujuran Saksi Soal Kerumunan Megamendung dan Petamburan

Tim kuasa hukum Rizieq Syihab telah mempersiapkan sejumlah pertanyaan kepada para saksi yang bakal dihadirkan dalam sidang pelanggaran protokol kesehatan di Petamburan dan Megamendung atas terdakwa Rizieq Syihab di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur, Senin (12/4).

“Nanti pertanyaan-pertanyaan terkait keterangan para saksi di BAP juga kita fokus pada unsur pasal-pasal yang dituduhkan terhadap para terdakwa. Kemudian nanti kita akan kroscek kepada para saksi yang bakal hadir itu aja sih,” kata Kuasa Hukum Rizieq, Aziz Yanuar ketika ditemui wartawan sebelum persidangan.

Dia tidak akan mencecar sejumlah pertanyaan kepada para saksi yang bakal dihadirkan. Diantaranya, Oka Setiawan cq M Afeno (Senior Manager of Aviation Security Bandara Soekarno-Hatta), Budi Cahyono, M Soleh, Syafrin Liputo(Kadishub DKI Jakarta), Rianto Sulistyo, Bayu Meghantara (mantan Walikota Jakarta Pusat), Rusfian, Sabda Kurnianto (Plt Kepala Pelaksana BPBD DKI), Ferixon, dan Heru Novianto (mantan Kapolres Jakarta Pusat).

“Ya kita lihat nanti apakah mereka jujur nanti sama seperti BAP, apakah mereka ditekan nanti kelihatan apakah unsur-unsurnya mereka tahu atau diarahkan oleh pihak penyidik nanti kita akan bongkar,” tuturnya.

Selain itu, Aziz juga akan menanyakan apakah para saksi yang dihadirkan nanti mengetahui kalau pelaksanaan nikahan maupun maulid nabi di Petamburan serta acara di Pondok Pesantren Agrokultural Markaz Syariah, Megamendung, Bogor.

“Antara lain apakah mereka tahu bahwa prokes sudah dijalankan di sini apakah mereka tahu bahwa ini sudah ada izin sudah ada pembolehan dari mereka kenapa jadi masalah. Kurang lebih seperti itu,” tuturnya.

Sekedar informasi bahwa sidang dengan agenda pemeriksaan saksi kali ini akan digelar untuk perkara nomor 221 dan 226 untuk terdakwa Rizieq Syihab dan perkara nomor 226 untuk lima terdakwa yaitu Haris Ubaidillah (HU), Maman Suryadi (MS), Ahmad Sobri Lubis (ASL), Habib Idrus (I), dan Muhammad Hanif Alatas (MHA) juga akan menjalai sidang terkait perkara kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat.

Sementara di luar persidangan berdasarkan pantauan dari pada sekitar pukul 09.30 WIB aparat gabungan TNI – Polri melakukan penjagaan ketat di depan gerbang masuk pengadilan. Personel polisi pun membatasi setiap pengunjung maupun awak media yang hendak meliput jalannya persidangan.

Nampak juga kendaraan taktis mulai dari mobil watercanon, mobil baracuda, dan mobil komando yang bersiaga di depan Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur. Sementara untuk persidangan sendiri hakim ketua Suparman Nyompa baru membuka persidangan. [fik]