KRL Relasi Yogya-Klaten Segera Diujicobakan

Irene

KRL Relasi Yogya-Klaten Segera Diujicobakan

Proyek pembangunan tahap pertama kereta rel listrik (KRL) relasi Yogyakarta – Solo hampir rampung. Pemasangan tiang pancang dan jaringan listrik aliran atas (LAA) dari Stasiun Tugu Yogyakarta hingga Stasiun Klaten sudah selesai. Sehingga dalam waktu dekat moda transportasi baru tersebut sudah bisa diujicobakan.

Sementara untuk relasi Klaten-Solo masih dalam pengerjaan. Ditargetkan akhir tahun 2020 ini masyarakat Solo dan Yogyakarta sudah bisa menikmati moda transportasi KRL secara utuh dari Stasiun Solo Balapan hingga Stasiun Tugu Yogyakarta atau sebaliknya.

“Bulan ini harapannya KRL sudah bisa diujicobakan untuk relasi Yogya sampai Klaten,” ujar Manajer Humas PT KAI Daops 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto, kepada , Selasa (6/10).

Eko menerangkan, KRL yang segera beroperasi ini, akan menggantikan kereta api (KA) lokal Prameks. Untuk tahap pertama, KRL yang difungsikan adalah relasi Yogya-Klaten. Pada uji coba nanti, pihaknya akan mengoperasikan 10 perjalanan atau 5 trip pergi pulang (PP).

Eko menambahkan, saat ini pihaknya tengah membahas lebih lanjut terkait teknis perjalanan, polanya, hingga jadwal waktu uji coba dengan Dirjen KAI, Balai Perkeretaapian, dan PT KCI (Kereta Commuter Indonesia).

“Persiapannya masih kami lakukan dengan Dirjen KAI, Balai Perkeretaapian dan PT KCI,” jelasnya.

Eko menambahkan, KRL Yogyakarta-Solo merupakan proyek Direktorat Jenderal Perkeretaapian. Untuk pengelolaan akan diserahkan kepada PT KCI sebagai anak perusahaan PT KAI mulai 1 Oktober 2020. Seperti diketahui, saat ini PT KCI juga mengelola KRL Commuter Line di Jabodetabek (Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi).

Lebih lanjut Eko menjelaskan, dengan beroperasinya KRL tersebut, besar kemungkinan pihaknya akan menghidupkan beberapa stasiun sepanjang jalur Yogya-Solo yang lama tak digunakan untuk naik turun penumpang. Sejumlah stasiun tersebut antara lain, Stasiun Srowot, Ceper dan Stasiun Delanggu. [eko]

Next Post

4 Pemain Naturalisasi Disetujui DPR, Menpora Harap Bisa Perkuat Timnas Indonesia

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyambut baik persetujuan DPR RI terhadap empat atlet untuk dinaturalisasi. Menpora pun berharap keempatnya nanti bisa memperkuat Timnas Indonesia. Kepastian ini didapat saat Menpora mengikuti rapat kerja dengan Komisi III DPR RI secara virtual Senin (5/10). Dalam rapat ini, Komisi III DPR RI […]