KPK Periksa Matheus Joko Santoso Terkait Uang Rp 14,5 Miliar di Kasus Bansos Covid-19

Irene

KPK Periksa Matheus Joko Santoso Terkait Uang Rp 14,5 Miliar di Kasus Bansos Covid-19

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melanjutkan pemeriksaan terhadap Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kementerian Sosial, Matheus Joko Santoso yang telah berstatus tersangka. Diketahui, Matheus diduga terlibat dalam kasus korupsi dana bantuan sosial Covid-19 bersama Mensos Juliari Batubara.

“Pemeriksaan terkait dengan penyitaan sejumlah bukti yang ditemukan pada saat kegiatan tangkap tangan KPK, di antaranya adalah uang dengan jumlah total sekitar Rp 14,5 miliar,” kata Pelaksana tugas (Plt) Juru Bicara Ali Fikri, Rabu (16/12).

Ali menjelaskan, pemeriksaan dilakukan usai penyidik KPK mendapat izin penyitaan dari Dewan Pengawas (Dewas) KPK terkait tujuh koper dan tiga ransel hasil operasi tangkap tangan.

“Penyitaan telah mendapat izin dari Dewas KPK, dan selanjutnya bukti uang dimaksud akan menjadi barang bukti dalam perkara ini,” jelas Ali.

Ali melanjutkan, diduga isi dari koper dan ransel tersebut adalah dana yang disiapkan oleh Ardian I M dan Harry Sidabuke, pihak swasta yang turut menjadi tersangka.

Dugaan sementara, uang sebesar Rp 17 miliar telah mengalir ke kantong Juliari. Uang tersebut diterima dari perusahaan yang menyuplai kebutuhan Bansos Covid-19.

Reporter: Radityo [cob]

Next Post

Komisi II DPR: Pilkada Patuh Protokol Kesehatan Berjalan Baik

Anggota Komisi II DPR RI Zulfikar Arse Sadikin, mengungkapkan, protokol kesehatan pencegahan Covid-19 sudah dijalankan dengan baik dan disiplin selama Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020. Khususnya ketika tahap pemungutan suara pada 9 Desember lalu. “Dari sisi protokol kesehatan dalam Pilkada 2020 terjaga sehingga pelaksanaannya aman, sehat, selamat dan tidak […]