KPAI Temukan Ada Pihak yang Mengoordinasi Anak-anak Ikut Demo UU Cipta Kerja

Irene

KPAI Temukan Ada Pihak yang Mengoordinasi Anak-anak Ikut Demo UU Cipta Kerja

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) turun langsung menyaksikan anak-anak dilibatkan dalam demo UU Cipta Kerja pada Selasa (13/10). Komisioner KPAI Bidang Hak Sipil dan Partisipasi Anak, Jasra Putra mengaku menemukan ada anak-anak yang dibayar sejumlah uang agar ikut demo.

“Jadi saya melakukan pengawasan kan bertanya pada anak-anak, saya enggak ikut demonya. Kebetulan ada anak memegang duit lima ribuan bersih, baru. Saya candain 'wah duitnya bagus banget ini,' dia lagi beli es. Dia spontan bilang, 'iya ini abis diberi abang-abang lima ribuan',” jelas Jasra Putra kepada Liputan6.com, Rabu (14/10).

“Saya enggak mendalami abang-abang yang mana. Setelah mereka pesan es teh lalu mereka menjauh dari saya,” katanya.

Jasra tak tahu pasti apakah anak-anak tersebut datang karena dimobilisasi oleh pihak tertentu atau hanya inisiatif pribadi lantaran ingin bermain-main.

Namun menurut keterangan anak-anak lain di lokasi demo, di antara mereka ada datang atas kehendak sendiri dan ada juga yang memfasilitasi.

“Di anak yang lain itu kan bervariasi jawabannya, ada yang datang karena sendiri, tapi ada enggak yang memfasilitasi? Katanya ada yang mengoordinir, saya enggak dalami siapa yang mengoordinir karena kan antara mereka saling menutupi,” papar dia.

Atas temuan ini, KPAI berencana mengudang sejumlah pihak untuk mendiskusikan masalah tersebut pada Kamis (15/10) besok. “Maka hari Kamis kami kan lakukan rapat koordinasi ya, semua kementerian lembaga itu. Termasuk Mabes, Kemendikbud, Kemenag ya, kemudian Kementerian Kesehatan terkait protokol kesehatan ini gimana anak-anak kita gitu ya. Kementerian PPPA ya,” ujarnya.

Reporter: Yopi Makdori [ray]

Next Post

3 Anggota KAMI yang Ditangkap Masih Menjalani Pemeriksaan

Polisi masih memeriksa anggota Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) yang ditangkap kemarin. Mereka ditangkap karena diduga terlibat dalam aksi penolakan pengesahan Undang-Undang Cipta Kerja pada Kamis (8/10). “Semua masih dalam proses pemeriksaan,” tutur Kadiv Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono saat dikonfirmasi, Rabu (14/10). Sejauh ini, dari delapan anggota […]