KKP Bandara Soekarno-Hatta Perketat Kedatangan WNA Cegah Varian Covid Baru

Irene

KKP Bandara Soekarno-Hatta Perketat Kedatangan WNA Cegah Varian Covid Baru

Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Bandara Soekarno-Hatta, mulai meningkatkan kewaspadaan terhadap penumpang penerbangan asal luar negeri. Hal ini menyusul adanya varian virus baru Sars Cov-2 di Inggris pada (20/9) lalu.

Dari informasi yang diperoleh varian baru virus Sars Cov-2 tersebut, dapat menyebabkan penularan lebih cepat kepada manusia.

Kepala KKP Kelas I Bandara Soetta Darmawali Handoko menjelaskan, peningkatan kewaspadaan tersebut, sesuai dengan adendum Surat Edaran Satuan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 3 Tahun 2020 tentang protokol kesehatan perjalanan orang selama libur hari raya natal dan menyambut tahun baru 2021 dalam masa Pandemi Covid-19.

“Untuk meningkatkan proteksi, seluruh penumpang penerbangan dari Inggris baik langsung maupun transit itu tidak boleh diperkenankan masuk ke Indonesia,” ungkap Handoko, Jumat (25/12).

Selain penumpang asal Inggris, seluruh warga negara asing (WNA) maupun WN Indonesia yang datang dari Eropa dan Australia juga wajib menunjukkan 2×24 jam hasil PCR negatif sebelum keberangkatan.

“Selain itu harus bisa menunjukkan 2×24 jam sebelum keberangkatan,” katanya.

Dia menegaskan, saat ini setiap penumpang dari luar negeri, juga diharuskan menjalani tes Covid-19 dengan metode PCR test di Bandara Soetta.

“Dan pada waktu kedatangan akan dilakukan pemeriksaan PCR kemudian dilakukan karantina 5 hari. Dan sesudah melakukan karantina 5 hari harus dilakukan PCR ulang,” ungkap Handoko. [rhm]

Next Post

Ayah Kandung Tega Cabuli Putrinya Berusia 2 Tahun

Seorang ayah di Jakarta Barat tega mencabuli putrinya sendiri yang berusia 2,6 tahun berinisial KL. Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Audie Latuheru mengatakan, pelaku yang berinisial NS (36) itu melakukan aksinya sejak istri yang merupakan ibu kandung NL meninggal dunia. “NS 36 tahun yang melakukan pelecehan terhadap korban KL usia […]