Jakarta () –
Layanan jasa membersihkan rumah saat ini sedang diganderungi masyarakat, khususnya selama pandemi COVID-19. Namun sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa para profesional, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Layanan jasa ini biasanya meliputi membersihkan rumah, mencuci kasur/sofa/karpet, mencuci mobil, vakum tungau dan lainnya. Harganya pun cukup bervariasi dan ramah kantong, sesuai dengan yang dikerjakan.

Kevin Liliana, Miss International 2017 adalah salah satu publik figur yang kerap menggunakan jasa bersih-bersih. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, Kevin selalu memesannya di tempat yang terpercaya.

"Pilih yang terpercaya, kita pakai jasa yang sudah ada platform-nya. Jadi kalau amit-amit terjadi sesuatu, kita tahu harus ngajuin komplain ke mana," ujar Kevin dikutip pada Kamis.

Wanita kelahiran 5 Januari 1996 ini, mengatakan kelebihan menggunakan jasa home service dari aplikasi yang sudah terpercaya adalah para pekerjanya sudah mendapatkan pelatihan dan yang terpenting sudah divaksinasi.

"Jadi walau baru pesan aja, kita udah merasa lebih tenang. Karena mereka menjanjikan profesional pekerja yang memang sudah bagus untuk menjalankan jasanya," kata Runner-up 1 Puteri Indonesia 2017 itu.

Kevin juga mengaku selalu memeriksa rating dari penyedia jasa dan juga pekerja yang dikirim ke rumahnya. Bahkan, dia juga melihat kolom komentar dari pengguna jasa lainnya.

Menurutnya, hal ini penting untuk mengingatkan pekerja tentang apa yang harus dikerjakan atau yang luput dari petugas lapangannya.

"Kalau lihat rating kan otomatis pengin tahu, kenapa sih kok orang pada ngasih rating 4.5 misalnya," kata Kevin.

"Jadi mungkin, kalau dapat 4.4 terus ngecek komentarnya kurang bersih atau apa kan bisa diingetin ke orangnya, pak kurang bersih atau apa. Biasanya sih gitu," lanjutnya.

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © 2022