Breaking News in Indonesia

Kenyal dan Manis, Ini Bahaya Membagikan Permen Jeli pada Kucing Kesayangan

Bukan hanya jadi favorit anak-anak, permen jeli juga jadi kudapan favorit orang dewasa. Teksturnya kenyal dan lembut, dengan warna-warna cerah, dan aroma manis yang menggoda. Tapi saat membuka sekantong camilan manis itu, kucingmu langsung berlari menghampirimu. Dianggap akan memberikan terat, kamu pun ragu-ragu untuk memberikannya pada anabul. Apa bahayanya?

Kucingku Suka, Kok

©shutterstock

Faktanya, kucing sama sekali bukan sweet tooth alias menyukai rasa manis. Faktanya, anabul bahkan tidak bisa merasakannya karena keterbatasa reseptor rasa pada lidahnya. Selain jumlah yang sedikit, reseptor rasa ini tidak dirancang untuk mengenali rasa manis.

Tapi hewan peliharaanmu bisa tertarik pada kandungan lain yang mengingatkannya pada daging, seperti lemak atau asam amino. Walaupun tidak menyukai makanan manis, konsumsi gula berlebihan tetap berdampak buruk bagi kesehatan kucing seperti diabetes dan obesitas.

Bahaya Tersedak

©shutterstock

Permen jeli dikenal kenyal dan harus digigit berulang kali untuk menikmatinya. Namun, teksturnya yang kenyal bikin kebanyakan kucing sulit menerima tekstur tersebut. Selain dimuntahkan, mereka yang berusaha mengunyaj permen jeli kemungkinan harus dibawa ke dokter hewan akibat tersedak.

Bukan hanya itu saja, Terkadang ada produk serupa yang bersifat lengket, yang membuatnya masuk dan terjebak di sela-seka gigi. tak bisa membersihkan sendiri, saatnya pemilik kucing yang turun tangan untuk membersihkan gigi hewan peliharaannya agar terbebas dari plak.

Bahaya Bahan Pemanis

©shutterstock

Meskipun gula sendiri tidak beracun bagi kucing, ada juga bahan lain yang bisa berdamak butuk bagi kesehatan anabul. Xylitol misalnya, pemanis buatan yang dapat ditemukan pada permen bebas gula yang dapat menyebabkan sakit perut, kerusakan hati, bahkan kejang dan kematian. Perhatikan tanda-tanda yang dialami anabul setelah memakan permen jeli, seperti lebih lesu, banyak menghabiskan waktu di litterbox, atau muntah yang bisa hilang seiring waktu.

Tergoda memberikan permen jeli pada kucingmu? Pikir lagi karena hingga kini tidak ada permen yang aman untuk dimakan oleh hewan peliharaan. Soal treat, pilih yang pasti sehat dan menyumbang kebutuhan nutrisi hariannya, seperti Muezza.

Dibuat dari bahan alami, brand makanan kucing kering ini mengandung nutrisi lengkap dengan kadar yang tepat untuk menjaga kesehatannya. Diolah menggunakan teknologi modern, dry food ini pun bebas dari bahan tambahan sintetik dan sudah mendapatkan sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand.

©Muezza

Jadi, tak perlu ragu untuk memegang Muezza dan memberikannya sendiri pada kucingmu sebagai bentuk treat. Selain leluasa merawat hewan peliharaan, cat food berkualitas ini pun menawarkan 4 varian rasa yang disukai oleh kucing.

Jangan coba-coba memberikan makanan manusia yang belum tentu aman dan sehat bagi anabul, berikan saja Muezza baik sebagai kudapan atau makanan sehari-hari. Segera amankan stok makanan kucingmu dengan memesannya si Shopee maupun Tokopedia. [eth]

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia [tmi]