Breaking News in Indonesia

Kemenpora Kecewa Jakmania Selebrasi di Bunderan HI Timbulkan Keramaian

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) kecewa dengan tindakan para suporter Persija atau The Jakmania melakukan selebrasi di Bundaran Hotel Indonesia (HI) untuk merayakan kemenangan Piala Menpora usai melawan Persib. Diketahui selebrasi dilakukan setelah Persija Jakarta menang 2-1 atas Persib Bandung pada leg kedua final Piala Menpora 2021.

“Tentu kami sangat kecewa,” kata Sekretaris Kemenpora, Gatot S Dewa Broto kepada , Senin (26/4).

Sementara itu, Kemenpora, kata Gatot saat ini menunggu tindak lanjut dari kepolisian terkait pelanggaran yang dilakukan para suporter. “Kami menunggu penindakan yang sudah dilakukan Kepolisian,” bebernya.

Sementara itu Kementerian Kesehatan khawatir aksi berkerumun tersebut memicu peningkatan kasus Covid-19. “Seharusnya kita menghindari kerumunan,” kata juru bicara vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi saat dihubungi.

Nadia mengambil contoh lonjakan kasus Covid-19 di India. Lonjakan kasus terjadi akibat masyarakat tidak menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan mobilitas tinggi.

“Belajar dari apa yang terjadi di India, protokol kesehatan harus tetap disiplin tidak boleh kendor. Setiap kendor dalam prokes ditambah pergerakan orang yang tinggi maka kasus covid 19 akan meningkat,” jelasnya.

Suporter Persija melakukan selebrasi di Bundaran HI. Selebrasi dilakukan setelah Persija Jakarta menang 2-1 atas Persib Bandung pada leg kedua final Piala Menpora 2021.

Saat selebrasi berlangsung, sejumlah orang ditangkap polisi. Mereka diduga melanggar Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro yang saat ini diberlakukan Pemprov DKI Jakarta menindaklanjuti kondisi pandemi Covid-19.

“Kami masih lakukan penyelidikan, tentunya yang pasti karena adanya kumpul-kumpul semacam ini sudah melanggar PPKM yang mana sekarang ini masih berlaku. Inilah yang nanti akan kami lakukan penegakan hukum terhadap mereka-mereka yang melakukan ajakan-ajakan untuk berkumpul di sini,” kata Karo Ops Polda Metro Jaya, Kombes Pol Marsudianto, di Bundaran Hotel Indonesia, Senin [eko]