Jakarta () – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mendorong para pemuda khususnya di tingkat pendidikan tinggi agar bisa menjadi wirausaha sehingga membuka lapangan kerja yang baru lewat kepribadian kreatif serta inovatif.

Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda Kemenpora Imam Gunawan menyebutkan para pemuda yang berwirausaha memiliki potensi untuk meningkatkan kesejahteraan dan ekonomi bangsa sehingga para talenta muda yang berpotensi menjadi wirausaha termasuk diutamakan dalam program Pemerintah Pusat.

"Kelompok target mahasiswa, yang memiliki talenta kreativitas dan inovasi, menjadi potensi wirausaha yang diharapkan berkualitas handal,” ujar Imam dalam webinar yang ditulis, Rabu.

Para pemuda yang berwirausaha diharapkan juga mampu mengembangkan nilai-nilai lainnya seperti mengembangkan jaringan, memiliki integritas, mampu bekerja berkelompok dengan baik, serta mau berkolaborasi.

Hal itu untuk mencapai kondisi ekonomi dengan daya saing yang sehat dan juga ekosistem bisnis di Indonesia yang baik.

Dengan harapan tersebut, Kemenpora pun menggandeng dan berkolaborasi dengan universitas-universitas di Indonesia untuk mendapatkan talenta- talenta unggul muda yang bisa menjadi penggerak wirausaha di Tanah Air.

Talenta- talenta muda yang memiliki ide bisnis inovatif dan kreatif itu nantinya akan mendapatkan pendanaan dari Kemenpora untuk kemudian bisa mengembangkan bisnis mereka yang nantinya bisa berpartisipasi memberi ruang lapangan pekerjaan di masa mendatang.

Salah satu universitas yang digandeng untuk program tersebut adalah Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Rektor Universitas Moestopo Rudy Harjanto pun berpesan agar para mahasiswa khususnya generasi muda agar bisa menjadi wirausaha yang adaptif.

"Kata kunci menjadi seorang entrepreneur sukses adalah inovasi dan kemampuan untuk membuat ide baru yang kreatif, bekerja sama, dan menjaga kerelasian," ujar Rudy.

Dengan sikap adaptif dan kolaboratif pun maka wirausaha bisa berjalan baik dan terus berkembang sehingga anak- anak muda itu bisa berdampak baik dengan meningkatkan taraf hidup dan menciptakan kesejahteraan di Indonesia.

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © 2021