Breaking News in Indonesia

Kebakaran di Basement Apartemen Taman Sari Padam, Api Bersumber dari Trafo Induk

Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat/Damkar) Jakarta Selatan berhasil memadamkan kobaran api yang membakar basement Apartemen Taman Sari Setia Budi, Jakarta Selatan pada Minggu (4/4) dini hari.

Dengan mengerahkan sekitar 24 unit mobil pemadam, api yang muncul sekitar pukul 03.38 Wib telah berhasil dilokalisir serta telah masuk proses pendinginan sejak pukul 07.30 Wib. Sementara sampai saat ini petugas masih melakukan proses pendinginan di lokasi.

“Masih (proses pendinginan),” singkat Triadi Kepala Regu Damkar, Setia Budi, Jakarta Selatan ketika dikonfirmasi pada Minggu (4/4).

Dalam proses pemadaman kali ini, petugas turut mengevakuasi 250 orang yang menghuni apartemen tersebut. Lantaran ruangan apartemen dipenuhi asap, akibat asap yang naik dari basement dan memenuhi deretan lantai penghuni.

“Data penghuni yang sudah terevakuasi sebanyak 250 orang,” katanya.

Sedangkan, Triadi menyampaikan untuk dugaan sementara titik api berasal dari kerusakan trafo induk (LS) yang berada di basement apartemen.

Sebelumnya, Damkar Jakarta Selatan turut mengerahkan 45 personel untuk membantu proses evakuasi penghuni apartemen karena asap yang memenuhi unit apartemen berlantai 21 itu.

“Penghuni kesulitan turun dari tangga darurat karena ada asap saat ini sedang evakuasi. Petugas memandu penghuni turun,” kata petugas Gulkarmat Jakarta Selatan, Suparno di Jakarta, Ahad (4/4) seperti dikutip Antara.

Sebagaimana diketahui, kebakaran tersebut dilaporkan terjadi sekitar pukul 03.38 WIB yang menimpa trafo listrik di bawah tanah apartemen yang berlokasi di Jalan Bek Murad Nomor 42 Kelurahan Karet Kuningan, Kecamatan Setiabudi itu.

Dari insiden Kebakaran tersebut tidak sampai melalap hingga seluruh unit, namun asap yang naik menyebabkan penghuni harus dievakuasi. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran sedangkan untuk kerugian material masih proses pendataan oleh petugas. [bal]