Breaking News in Indonesia

Kawasan Kilang Minyak Pertamina Balongan sudah 3 Kali Kebakaran

Kebakaran sudah beberapa kali terjadi di kawasan Kilang Minyak Pertamina Balongan, Indramayu, Jawa Barat. Setidaknya sudah tiga kali terjadi kebakaran. Padahal fasilitas pengolahan minyak tersebut berperan penting salam memasok Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Jakarta.

Insiden pertama terjadi pada Oktober 2007. Dengan adanya insiden tersebut, api tidak merusak fasilitas produksi dan hanya mengganggu fasilitas pembuangan limbah.

Kebakaran pada Januari 2019 kembali terjadi di kawasan Kilang Minyak Balongan. Insiden tersebut terjadi pada fasilitas pemasok gas milik PT Pertamina EP Aset 3 ke pengolahan minyak (kilang) Balongan, Jawa Barat.

Syahrial Mukhtar yang saat itu menjabat sebagai Sekretaris ‎Perusahaan Pertamina mengatakan, fasilitas yang terbakar merupakan boiler penyuplai gas, untuk mendukung kegiatan kilang Balongan.

‎”Yang terbakar OTG Pertmina EP area asset 3 jadi di jalur boilernya,” kata Syahrial. Dikutip dari Liputan6.com.

Menurut Syahrial, kebakaran terjadi pada Senin (4/1/2019) pukul 09.40 WIB, kemudian dalam 20 menit kebakaran sudah dapat dipadamkan.

“Sudah mati.‎ Pagi tadi di area boiler. Jam 09.40, tapi 20 menit kemudian aman,” ‎tuturnya.

Syahrial menegaskan, fasilitas yang terbakar tersebut berada di dekat kilang Balongan, tapi letaknya di luar kompleks kilang. ‎Tidak ada korban atas peristiwa tersebut.

“Dekat situ (Kilang Minyak Balongan). Gas yang dibutuhkan untuk ke kilangnya,”‎ katanya.

Usai kejadian pada 2019 lalu, kebakaran dasyat kembali terjadi di Kilang Balongan pada 29 Maret 2021 pukul 00.45 dini hari tadi, di mana telah terjadi insiden yang menyebabkan terjadinya kebakaran di tangki T301G.

Penyebab kebakaran belum diketahui dengan pasti. Namun pada saat kejadian kondisi sedang turun hujan lebat disertai petir.

Kilang yang terbakar adalah Kilang Minyak Pertamina Balongan yang berlokasi di Desa Balongan, Kecamatan Indramayu, Jawa Barat.

Corporate Secretary Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional Ifki Sukarya mengatakan, penyebab kebakaran di Kilang Balongan belum diketahui secara pasti. Namun, pada saat kejadian sedang turun hujan deras disertai petir.

“Saat ini tim HSSE Kilang Pertamina Balongan tengah fokus melakukan pemadaman api di kilang yang berlokasi di Desa Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat,” kata dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (29/3).

Saat ini juga tengah dilakukan normal shutdown untuk pengendalian arus minyak dan mencegah perluasan kebakaran di Kilang Balongan.

Sebelumnya, kilang Balongan di Indramayu meledak, Senin (29/3/2021) dini hari. Belum diketahui adanya korban jiwa dalam peristiwa ini.

Kobaran api terlihat besar dan kepulan asap hitam membumbung tinggi. Beberapa petugas pemadam berupaya memadamkan api yang kian membesar di Kilang Balongan

Ledakan begitu keras dan membuat warga yang berada dekat lokasi kejadian berlarian menyelamatkan diri.

Belum diketahui penyebab ledakan Kilang Balongan yang mengakibatkan kebakaran besar tersebut. [cob]