Jakarta () – Biji pala atau bubuk pala lazim ditemui di dapur orang Indonesia karena aroma dan rasanya yang khas mampu menyulap makanan jadi lebih lezat meski ditambahkan dalam jumlah sedikit.

Indonesia setidaknya punya lima spesies pala dengan ciri khas masing-masing, termasuk spesies pala di Fakfak, Papua Barat, yang tumbuh dalam kawasan hutan pala lestari.

Wita Wulandari dan Aziz Amri yang merupakan jebolan Masterchef Indonesia mencicipi dan berkreasi dengan pala Papua.

Biji hingga daun

Pada umumnya, bagian yang banyak dipakai untuk memasak adalah biji pala, tapi Aziz mencoba untuk menggunakan bagian lain: daun. Ketika mendapat kiriman buah pala Papua segar yang dibungkus dalam daun-daun, dia penasaran dan menggosokkan daun tersebut ke tangan.

“Saya ingin tahu, seperti apa wangi yang keluar. Apakah intens seperti getah, ataukah punya aroma khas seperti bijinya? Ternyata, ada aroma sedap, tapi juga ada aroma kurang sedap," kata Aziz, , dikutip dari keterangan resmi Inobu, Kamis.

"Saya masukkan sedikit daun segarnya ke dalam masakan, dimasak sebentar saja, lalu saya angkat. Hasilnya, aroma masakan jadi lebih sedap. Cara memakainya sama seperti memakai daun salam.”

Dalam resep pumpkin butter kreasinya, Aziz tak hanya membubuhkan biji pala Papua, melainkan juga bagian fuli, pembungkus biji berwarna merah terang yang bentuknya seperti jaring-jaring. “Rasa fuli jauh lebih pedas daripada biji dan daging buah pala. Apalagi, jika digunakan dalam keadaan kering. Rasanya menjadi lebih intens. Dari yang pernah saya baca, fuli pala juga digunakan untuk pepper spray yang biasanya disemprotkan ke arah mata penjahat,” katanya.

Aziz mengenal fuli ketika memasak makanan India. Peserta Masterchef Indonesia 7 yang pernah tinggal di India ini bercerita, masyarakat India sudah sangat terbiasa memanfaatkan fuli. “Ada aroma yang hangat. Cita rasanya pedas, tapi mengeluarkan wangi pala. Kalau sudah pakai fuli, kita tak perlu lagi menggunakan biji pala.”

Baca juga: Resep Dutch Steak ala Chef Norman

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • Tampilkan Semua

Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © 2022