Jumlah Guru di Badung Positif Corona Bertambah Jadi 70 Orang

Irene

Jumlah Guru di Badung Positif Corona Bertambah Jadi 70 Orang

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Badung dr. Nyoman Gunarta menyampaikan, bahwa guru yang positif Covid-19 di Kabupaten Badung, Bali, ada sebanyak 70 orang.

“Sebenarnya 70, Minggu lalu itu 60. Setelah itu, ada pemeriksaan lagi ada tambahan 10. Iya (totalnya) 70 sampai kemarin,” kata Gunarta saat dihubungi, Rabu (23/17).

Dia menerangkan, sebenarnya 70 guru positif Covid-19 itu dari hasil tes swab kepada para guru sebanyak 2.559 di wilayah Badung. Maka, bila dilihat perbandingannya dari angka 2.559 yang positif Covid-19 hanya 70 orang.

“Pembandingnya adalah 2.559 yang sudah terperiksa hingga angkanya menjadi 2,57 persen positifnya, artinya rendah,” imbuhnya.

Ia juga mengatakan, rata-rata para guru yang positif Covid-19 adalah Orang Tanpa Gejala (OTG) karena saat ini yang paling banyak adalah klaster keluarga.

“Itu kebanyakan OTG. Jadi kita tidak bisa memastikan bahwa dia kena di sekolah, kan di sekolah sedang Work From Home (WFH). Tapi penularan keluarga yang masih tinggi ini atau internal keluarga,” jelasnya.

Pada guru yang positif Covid-19, sudah dilakukan karantina atau isolasi yang disiapkan oleh Pemkab Badung. “Sudah di karantina terpusat dan sudah ada beberapa yang mau selasai di karantina. Sudah ditracing juga anggota keluarganya,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan, bahwa untuk para guru di Kabupaten Badung, dilakukan tes swab dikarenakan adanya rencana pembelajaran tatap muka di Bulan Januari 2021 mendatang. Kemudian, pihaknya melakukan tes swab dan sudah dua pekan berjalan.

“Itu, sudah dua Minggu berjalan dan kita perhari sekitar 300 dan 400 guru (dilakukan tes Swab) dan menembus angka 2.559 guru itu,” ujarnya.

Sementara untuk guru yang belum dilakukan tes pihaknya masih belum mengetahui berapa banyak. “Angkanya belum pegang tapi sudah sedikit, pelan-pelan kita susul lagi. “Targetnya sampai Januari 2021 (guru di-swab),” ujarnya.

Gunarta juga mengimbau kepada para guru agar tetap menjaga imunitas dan protokol kesehatan jika melakukan aktivitas di luar rumah. Sehingga, bisa mencegah penularan Covid-19.

“Harus menjaga imunitas karena kuncinya di sana melalui asupan makanan, tak perlu mahal tapi kandungan gizinya tinggi. Kedua istirahat yang cukup dan selalu terapkan 3 M. Kalau 3M jalan, saya yakin penularan bisa kita tekan,” ujar Gunarta.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Kadisdikpora Badung, I Made Mandi membenarkan bahwa ada 60 guru yang positif Covid-19 setelah menjalani tes swab beberapa hari yang lalu.

“Iya, memang 60 orang itu data yang lengkap ada di Dinas Kesehatan karena beliau yang melakukan swab. Tapi kami dikonfirmasi memang benar sampai saat ini 60 orang yang memang sudah (positif),” kata Mandi saat dihubungi, Jumat (21/12) lalu. [cob]

Next Post

Kemendagri Temukan 6 Rencana Kegiatan Janggal DPRD DKI di Draf APBD 2021

Kementerian Dalam Negeri menemukan enam kegiatan DPRD DKI yang dianggap janggal. Temuan itu disampaikan saat Kementerian Dalam Negeri mengevaluasi draf APBD DKI tahun anggaran 2021. “Tidak memiliki korelasi langsung dengan keluaran yang diharapkan dari kegiatan dimaksud apabila ditinjau dari aspek indikator tolak ukur dan target kinerja kegiatan,” kata Direktur Perencanaan […]