Jokowi Lantik Tujuh Anggota Komisi Yudisial

Irene

Jokowi Lantik Tujuh Anggota Komisi Yudisial

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik tujuh anggota Komisi Yudisial (KY) periode 2020-2025 di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (21/12). Pelantikan dan pengucapan sumpah dilakukan dengan protokol kesehatan.

Ketujuh anggota KY dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Nomer 131 /P/2020 tentang pemberhentian dengan hormat anggota Komisi Yudisial 2015-2020 dan pengangkatan anggota Komisi Yudisial 2020-2025. Tujuh anggota tersebut terdiri dari Joko Sasmito mewakili unsur mantan hakim, M. Taufiq HZ mewakili unsur mantan hakim, Sukma Violetta mewakili unsur praktisi hukum.

Kemudian Bin Ziyad Khadafi mewakili unsur praktisi hukum, Amzulian Rifai mewakili unsur akademisi hukum, Mukti Fajar Nur Dewata mewakili unsur akademisi hukum, dan Siti Nurjanah mewakili unsur anggota masyarakat.

“Demi Allah saya bersumpah untuk melaksanakan tugas secara langsung atau tidak langsung, saya akan mempertahankan dan setia kepada UUD 1945 bagi negara Kesatuan Republik Indonesia. Saya bersumpah dengan tidak menjanjikan apapun atau memberikan apapun,” kata mereka membacakan sumpah di hadapan Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (21/12).

Diketahui Joko Sasmito merupakan mantan anggota Komisi Yudisial 2016-2020. Sementara Sukma Violetta adalah perempuan pertama yang menjadi Anggota Komisi Yudisial (KY). Sukma juga istri dari Sekjen Partai Persatuan Pembangunan Asrul Sani.

Sebelumnya tujuh anggota Komisi Yudisial ini telah menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di komisi III DPR pada 1 Desember lalu. [lia]

Next Post

PN Depok Gelar Sidang Perdana Petinggi KAMI Syahganda Nainggolan Hari Ini

Salah satu petinggi Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI), Syahganda Nainggolan, menjalani sidang perdananya di Pengadilan Negeri (PN) Depok, hari ini, Senin (21/12). Syahganda merupakan tersangka kasus pelanggaran UU ITE. Humas PN Depok, Nanang Herjunanto, mengatakan sidang perdana ini seharusnya digelar pada Kamis pekan lalu. Namun ditunda kerena surat kuasa penasihat […]