Jokowi Harap Anak Muda Tak Malu dan Gengsi Jadi Petani

Irene

Jokowi Harap Anak Muda Tak Malu dan Gengsi Jadi Petani

Presiden Joko Widodo atau Jokowi berharap agar anak muda tidak gengsi dan malu menjadi petani. Dia meyakini dengan semakin banyaknya anak muda menjadi petani, maka Indonesia tidak perlu impor pangan lagi.

Bahkan, Indonesia bisa memenuhi kebutuhan pangan dalam negeri dan menjadi pengekspor pangan ke negara-negara lain. Hal ini disampaikan Jokowi dalam acara penutupan Young Organic Festival 2020 secara virtual, Kamis 29 Oktober 2020.

“Saya berharap keberadaan forum petani organik muda dapat mengajak lebih banyak anak muda untuk kembali bertani. Tidak malu, tidak gengsi, tapi sebaliknya bangga dan bersemangat karena menjadi petani itu mulia,” kata Jokowi dikutip dari siaran pers, Jumat (30/10).

Menurut dia, pertanian organik adalah pertanian masa depan dan memiliki peluang yang sangat besar. Di tengah pesatnya tren hidup kembali ke alam, masyarakat semakin peduli pada kesehatan dengan memilih bahan pangan sehat yang aman.

“Peluang ini benar-bebar harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” ucapnya.

Untuk itu, Jokowi menilai kehadiran anak muda dapat memberikan inovasi untuk dapat menghasilkan pertanian organik yang berkualitas dengan pengolahan yang modern. Mulai dari, produksi sampai pascapanen, menggunakan teknologi modern pada saat penanaman, pemeliharaan dan pengolahan.

Selain itu, kehadiran anak muda diharapkan dapat memperkuat branding, packaging dan pemasaran. Kemudian, masuk ke supply chain nasional sehingga menjangkau pasar yang lebih luas.

“Dengan pengolahan pertanian secara modern saya harapkan pertanian dapat tumbuh sebagai salah satu pilar penting pertumbuhan ekonomi Indonesia. Pertanian akan semakin maju, masyarakat akan semakin lebih sejahtera,” jelas Jokowi.

“Teruslah berkarya dengan tetap peduli lingkungan. Teruslah berinovasi dengan tetap peduli pada pemciptaan lapangan kerja. Maju terus petani muda,” sambung dia.

Reporter: Lizsa Egeham

Sumber : Liputan6.com [ray]

Next Post

Doa Rasul setelah Sholat Jumat

Jakarta, Indonesia — Jumat merupakan hari yang berkah bagi umat muslim. Salah satu bukti keistimewaan Jumat adalah dengan dijadikannya nama surat dalam Al-Quran, yaitu surat ke-62, Al-Jumu’ah. Doa rasul setelah sholat Jumat bisa diteladani umat muslim. Keistimewaan Jumat sendiri tertera dalam hadits, Nabi Muhammad SAW pernah bersabda: “Sebaik-baik hari yang […]