Jokowi Belum Kirim Nama Kandidat Calon Kapolri ke Komisi III DPR

Irene

Jokowi Belum Kirim Nama Kandidat Calon Kapolri ke Komisi III DPR

Komisi III DPR RI belum menerima usulan mana calon pengganti Kapolri Idham Azis. Sekalipun telah muncul beberapa nama petinggi Polri.

Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Pangeran Khairul Saleh mengatakan, sampai saat ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum memberikan nama-nama untuk dilakukan uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III.

“Sampai saat ini Istana belum menyampaikan Surat Presiden (Surpres) yang ditandatangani Presiden Jokowi berisikan nama-nama calon Kapolri untuk dilakukan uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III,” katanya dalam pesan singkat, Kamis (31/12).

Dia menjelaskan, keputusan terkait nama yang diusulkan sebagai Kapolri adalah hak prerogatif presiden. Hal tersebut kata dia sesuai dengan undang-undang usulan dari Kompolnas.

“Baik usulan administrasi atau teknis itu semua terserah kepada Presiden sebagai user. Siapapun yang ditunjuk Presiden itu Haknya,” ungkapnya.

Walaupun demikian, Pangeran meminta agar Jokowi memperhatikan usulan dari Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) yang mengetahui kondisi internal kepolisian. Begitu juga kata Khairul dengan Kompolnas yang memahami kondisi sosial masyarakat terkait institusi Kepolisian.

“Diharapkan siapapun yang disampaikan oleh Presiden nanti benar-benar calon terbaik yang dapat meneruskan hal-hal baik oleh Kapolri sebelumnya dan memperbaiki apa yang menjadi kekurangan sehingga kinerja Polri semakin baik ke depannya dan selalu mendapat kepercayaan oleh masyarakat,” tutupnya. [fik]

Next Post

Pemerintah Larang Aktivitas FPI, Komisi III Minta Penegak Hukum Tegas di Lapangan

Pemerintah melarang seluruh kegiatan mengatasnamakan ataupun penggunaan simbol Front Pembela Islam (FPI). Keputusan itu disambut baik Ketua Komisi III, Herman Hery. “Secara hukum, FPI memang sudah dianggap bubar sejak 2019 karena tidak memperpanjang Surat Keterangan Terdaftar sebagai organisasi kemasyarakatan (ormas). Ditambah dengan beberapa aktivitas FPI yang menimbulkan keresahan di tengah […]