Breaking News in Indonesia

Jemaah Tarekat Sattariyah di Sumbar Baru Gelar Salat Id Hari Ini

Jemaah Tarekat Syattariyah yang ada di sejumlah daerah di Sumatera Barat, merayakan Idulfitri 1442 Hijriah pada hari ini, Jumat (14/5).

Tarekat Syattariyah merayakan Idulfitri satu hari lebih lama, dari mayoritas warga Muslim di Tanah Air yang merayakannya pada Kamis, 13 Mei 2021.

“Iya besok baru Salat Idulfitri, Kamis malam takbiran,” kata salah seorang jemaah Tarekat Syattariyah di Kabupaten Agam, Yurnida (56) kepada Liputan6.com, Kamis (13/5).

Dalam menentukan awal puasa maupun Idulfitri, Tarekat Sattariyah melaksanakan maniliak atau memantau hilal dengan mata telanjang.

Maniliak bulan dilakukan jemaah di sejumlah tempat, seperti di Pantai Ulakan Padang Pariaman dan Koto Tuo Agam.

“Dibanding tahun-tahun sebelumnya, biasanya memang kami berbeda dengan mayoritas umat Muslim, namun itu tidak jadi masalah,” ujarnya.

Perbedaan ini tidak hanya kerap terjadi pada perayaan Idulfitri, lanjutnya namun juga saat penentuan Iduladha.

“Kami sekeluarga mengikuti ajaran Tarekat Syattariyah, walau memulai puasa Ramadan dan Idulfitri berbeda dengan masyarakat pada umumnya, namun tujuannya tetaplah sama,” jelasnya.

Mengingat pandemi Covid-19 masih mewabah di penjuru negeri, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumbar meminta masyarakat yang melaksanakan salat Idul Fitri di masjid dan musala dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Mari kita berdoa kepada Allah agar pandemi ini segera berakhir,” tutupnya.

Reporter: Novia Harlina
Sumber: Liputan6.com [fik]