Breaking News in Indonesia

Jemaah Naqsabandiyah di Sumut Salat Id Hari ini

Jemaah tarekat Naqsabandiyah Al-Kholidiyah Jalaliyah di Sumatera Utara (Sumut) merayakan Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah pada hari ini, Rabu (12/5). Lebaran yang dilakukan jemaah Naqsabandiyah itu ditandai dengan dilakukannya salat Idulfitri di Pondok Pesantren Darusshofa, Marindal, Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deli Serdang, Sumut.

Salah satu jemaah Naqsabandiyah, Syekh Muda Markum, mengatakan salat Idulfitri kali ini diikuti tak lebih dari seratus orang.

“Tepat hitungan hari ini kami sudah melaksanakan salat Idulfitri. Sesuai arahan tuan guru kami Al Mukaram Buya Syekh Muhammad Nur Ali selaku mursyid tarekat Naqsabandiyah,” katanya.

Pada saat melakukan salat Idulfitri, para jemaah tarekat Naqsabandiyah menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Jumlah jemaah yang biasanya mencapai ribuan orang saat ini dikurangi. Salat Idulfitri hanya diikuti oleh sejumlah orang dari beberapa daerah saja.

Tarekat Naqsabandiyah juga memusatkan kegiatannya di Nagori Bandar Tinggi, Kecamatan Bandar Masilam, Kabupaten Simalungun.

“Pusat kami di Bandar Tinggi karena ada pembatasan pergerakan massa dan penyekatan larangan mudik kami diberikan izin untuk tidak ke Bandar Tinggi,” pungkas Markum. [bal]