Jelang Tahun Baru, Ratusan Motor Berknalpot Bising di Solo Disita Polisi

Irene

Jelang Tahun Baru, Ratusan Motor Berknalpot Bising di Solo Disita Polisi

Polresta Surakarta terus melakukan razia kendaraan bermotor menjelang pergantian tahun, khususnya sepeda motor bersuara bising. Sabtu (26/12) malam, Satlantas Polresta dibackup Tim Sparta (Sang Penjaga Surakarta) menggelar razia di 7 titik. Seluruh kendaraan berknalpot bising atau brong dikandangkan di Mako 2 Polresta Surakarta Jalan Slamet Riyadi, Solo.

“Malam ini total ada 7 titik penindakan terhadap knalpot brong yang dilakukan oleh Polresta Surakarta dan seluruh Polsek jajaran Polresta Surakarta. Fokus kita kendaraan roda dua yang memakai knalpot bising,” ujar Kasat Lantas Polresta Surakarta, Kompol Afrian Satya Permadi.

Polisi menyita 215 kendaraan roda dua yang menggunakan knalpot brong dalam razia ini. Dengan tambahan tersebut, lanjut dia, total lebih 600 sepeda motor knalpot brong sudah dikandangkan.

Dalam razia sebelum Natal, polisi juga berhasil mengamankan 114 motor brong. Sementara para pengendara dikenakan sanksi tilang dan motor ditahan hingga penggantian knalpot standar pabrikan.

“Kami mengingatkan masyarakat untuk menggunakan kendaraan sesuai standar yang sudah ditentukan dalam undang-undang. Kalau melanggar kita tilang dan kalau mau ambil harus diganti yang standar pabrikan,” tandasnya.

Afrian menjelaskan, berdasarkan Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan nomor 22 tahun 2009 pasal 285 disebutkan setiap orang yang mengemudikan motor di jalan yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot dan kedalaman alur ban didenda paling banyak Rp250 ribu atau kurungan 1 bulan.

“Semua motor kami tahan. Pengguna knalpot brong membuat warga tidak nyaman dengan suara yang bising. Mari kita ciptakan Solo aman, nyaman, dan bebas dari penggunaan knalpot brong ,” tandasnya.

Afrian menambahkan, kegiatan razia dilakukan berkaitan dengan cipta kondisi jelang Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. “Pastikan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 aman, damai dan sehat, Polresta Surakarta menggelar razia knalpot brong, operasi Pekat, Patroli Gabungan TNI-Polri Skala Besar dan Operasi Yustisi,” tandasnya. [gil]

Next Post

11 Curug Terpopuler Sepanjang Tahun 2020