Breaking News in Indonesia

Jelang Libur Lebaran, KAI Pastikan Tak Ada Penambahan Perjalanan

Jumlah perjalanan kereta api Indonesia jarak jauh dipastikan tidak mengalami penambahan meski libur Lebaran tinggal dua pekan lagi. Seperti hari ini, dari wilayah Daop 1 Jakarta hanya ada 17 sampai 20 perjalanan per Stasiun Keberangkatan seperti Stasiun Gambir atau Pasar Senen.

“Jumlah tersebut rata sama dengan pekan sebelumnya. Adapun untuk penerapan protokol kesehatan, pembatasan volume penumpang dengan kuota maksimal 70 persen juga diberlakukan untuk seluruh rangkaian yang berangkat,” kata Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, dalam keterangan pers, Sabtu (1/4).

Eva merinci, per Sabtu 1 Mei 2021, dari Stasiun Pasar Senen terdapat 19 KA yang diberangkatkan dengan ketersediaan tempat duduk (TD) sekitar 9.400 dan 6.000 di antaranya telah dipesan. Lalu dari Stasiun Gambir terdapat 16 KA yang berangkat dengan ketersediaan tempat duduk sebanyak 5.100 dan sekitar 2.300 di antaranya telah dipesan.

“Data ketersediaan tempat duduk yang telah dipesan menjadi angka rata-rata volume calon pengguna jasa yang berangkat,” ungkapnya.

Data volume penumpang tersebut merupakan data pemesanan tiket sementara yang dihimpun pada pukul 06.00 WIB. Jumlahnya bersifat dinamis.

Ditambahkan Ava, total ketersediaan tempat duduk di Stasiun Gambir dan Pasar Senen merupakan jumlah yang telah dibatasi dengan kuota maksimal 70 persen.

Eva mengimbau seluruh pengguna jasa yang akan berangkat menggunakan KAJJ agar memastikan seluruh persyaratan khususnya terkait protokol kesehatan terpenuhi. Di antaranya surat pemeriksaan Covid 19 dan kondisi sehat dengan suhu tubuh normal.

“Jika salah satu dari ketentuan terkait protokol kesehatan tidak dapat dipenuhi maka dipastikan calon penumpang tidak dapat melanjutkan perjalanan,” bebernya. [lia]