Jakarta () – Data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia menunjukkan sampah nasional pada 2021 mencapai 68,5 ton, di mana 11,6 juta ton di nya merupakan sampah plastik.

Angka tersebut tidak lepas dari pengaruh tren belanja online yang saat ini banyak digemari oleh masyarakat.

Blibli kemudian berinisiatif mengajak masyarakat mengurangi sampah sisa belanja online melalui gerakan #AksiCintaBumi yang diluncurkan pada akhir 2020, dengan tujuan memberikan dampak positif bagi lingkungan.

“Keberlanjutan (sustainability) adalah hal esensial bagi Blibli. Tidak hanya dari segi bisnis, kami juga berkomitmen membawa aspek keberlanjutan dari pendekatan lingkungan #AksiCintaBumi adalah langkah nyata Blibli untuk menjadikan keberlanjutan lingkungan tidak hanya sekadar jargon,” kata COO Blibli Lisa Widodo melalui siaran pers, Kamis.

Diketahui, Blibli telah konsisten menerapkan sustainability sejak awal proses supply chain melalui penggunaan kardus yang bersertifikasi Programme for the Endorsement of Forest Certification (PEFC) dan Forest Stewardship Council (FSC) sehingga menjamin bahwa kardus berasal dari industri yang mendukung pengelolaan hutan berkelanjutan.

Melalui #AksiCintaBumi, Blibli mengajak masyarakat mengembalikan kemasan belanja online untuk didaur ulang menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat, seperti wrapping paper sebagai pengganti bungkus plastik.

Agar dapat menjadi bagian dari gerakan tersebut, Anda perlu mengumpulkan kemasan sisa belanja online baik plastik maupun dus bekas. Kemudian, bawa ke collection box yang tersedia di berbagai lokasi atau titipkan pada kurir BES Blibli.

Untuk setiap kemasan sisa belanja online yang dititipkan ke kurir BES, Anda akan menerima Poin Rewards. Semakin banyak poin yang didapatkan, maka semakin banyak penawaran menarik yang Anda terima untuk berbelanja di Blibli.

Kemasan sisa belanja nantinya akan dibawa ke tempat pengolahan Blibli. Sepuluh kemasan sisa belanja online setara dengan satu bibit pohon yang akan ditanam oleh Blibli.

"#AksiCintaBumi merupakan ajakan kepada seluruh elemen yang terlibat di Blibli mulai dari karyawan, pelanggan, hingga penjual. Bagi Blibli, memberikan dampak positif khususnya bagi lingkungan tidak bisa dilakukan sendiri melainkan sebuah aksi kolaborasi," pungkas Lisa.

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © 2022