Jangan Dianggap Lucu, Ini Fakta di Balik Kucing yang Kegemukan

Irene

Kucing gemuk mungkin terlihat lucu dan menggemaskan, tapi kelebihan berat badan tidak seharusnya jadi bahan tertawaan. Anabul yang memiliki kelebihan berat badan minimal 15% atau lebih dikategorikan sebagai obesitas yang bisa berisiko mengalami berbagai gangguan kesehatan. Ini faktanya!

Berat Ideal Kucing

©2021 Shutterstock

Sebagian besar kucing harus memiliki berat sekitar 3-5 kilogram, tapi sebenarnya berat ideal bergantung pada kerangkanya. Sebaiknya, fokus pada kondisi tubuh daripada hanya beratnya dan bawa ke dokter hewan untuk membantu menentukan jumlah lemak tubuh yang dimiliki di atas tulang rusuk anabul. Jika meraba tulang rusuk kucing, seharusnya tidak lebih empuk daripada punggung tanganmu.

Gemuk setelah Disteril

©2021 Shutterstock

Telah terbukti kalau kucing lebih cenderung mengalami kelebihan berat badan setelah disterilkan atau dikebiri. Biasanya, dokter hewan akan menyarankan untuk mengurangi jumlah makanan sebesar 20-30% dan memperhatikan kondisi tubuh dengan cermat. Tapi pastikan tetap menjaga anak kucing dengan pola makan yang cocok untuk tumbuh kembangnya sampai berusia minimal 1 tahun.

Wajib Konsultasi Dokter Hewan

©2021 Shutterstock

Sebelum memulai rencana penurunan berat badan kucingmu, wajib berdiskusi dengan dokter hewan yang akan menentukan berat optimal kucing, menguji masalah medis yang membuatnya mengalami obesitas, dan menilai kesehatan secara keseluruhan dengan tes darah dan urin. Nantinya, akan disarankan pola makan yang paling sesuai untuk kebutuhan anabul.

Imbangi dengan Olahraga

©2021 Shutterstock

Banyak yang mengeluhkan sulit mengajak kucing rumahan untuk lebih aktif secara fisik. Gunakan kreativitas untuk memastikan anabul menikmati aktivitas fisiknya. Mulai dari menyebarkan makanan ke seluruh rumah, menggunakan mainan yang bisa diisi cat food, bahkan menggunakan lampu laser untuk membuatnya banyak bergerak.

Sukses Turunkan Berat Badan Kucing

©2021 Shutterstock

Kunci sukses melepaskan kucing dari obesitas adalah bekerja sebagai tim dengan keluarga dan dokter hewanmu. Mulai dengan melacak semua bentuk makanan yang didapat anabul, rutin menimbang kucing, dan mengukur jumlah makanan dengan sangat tepat setiap sesi makannya.

©Muezza

Agar berat badan kucing terjaga, pastikan pola makan yang mengandung protein tinggi dan lebih sedikit kalori atau karbohidrat. Berikan Muezza yang mengandung nutrisi lengkap dengan kadar yang seimbang untuk menjaga anabul tetap sehat dan aktif. Dibuat dari bahan alami tanpa tambahan bahan sintetik dan diolah dengan teknologi modern, brand makanan kucing kering ini pun sudah tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand.

Bukan hanya jadi jaminan sehat, tapi juga bikin pemilik kucing bebas khawatir saat terjilat, mencuci wadah makannya, menyimpannya di mana saja, dan membawanya bepergian. Ada 4 varian yang bisa dipilih yaitu Tuna Flavor, Salmon Flavor, Ocean Fish Flavor, dan Mackerel Flavor. Dapatkan Muezza yang bantu jaga kucing sehat dengan memesannya secara online di Shopee dan Tokopedia. (eth)

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia [jfw]

Next Post

Asyik Pakai Sabu di Dapur Rumah, 3 Warga Solok Tak Berkutik Ditangkap Polisi

Kepolisian Resor (Polres) Solok Arosuka berhasil menangkap tiga pelaku penyalahgunaan narkotika jenis sabu di Jorong Pasa Nagari Koto Anau, Kecamatan Lembang Jaya, Kabupaten Solok, Sumbar. Kapolres Solok, AKBP Azhar Nugroho melalui Kasat Narkoba Iptu Amin Nurrasyid di Arosuka, Sabtu mengatakan ketiga pelaku itu, yakni berinisial RM (28), S (24), A […]