Breaking News in Indonesia

Jangan Asal Pegang, Ini 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menggendong Kucing Lucu

Gemasnya melihat kucing lucu di rumah sering kali diekspresikan para pemilik dengan memeluk atau malah menggendongnya. Beberapa mungkin menurut dan menikmatinya. Tapi, nggak sedikit juga anabul yang menunjukkan rasa tidak nyaman hingga ia langsung melompat ketakutan. Ternyata, menggendong anabul nggak hanya asal pegang, lho. Beberapa tips ini bisa diterapkan untuk membuat hewan imut tersebut merasa lebih nyaman dan aman.

Ajari Ia untuk Tetap Tenang saat Digendong

©Shutterstock

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mengajari kucing kesayangan untuk tetap tenang saat akan digendong. Kamu bisa mengawalinya dengan memperkenalkan kode 'peluk' atau 'gendong' sambil mengelusnya secara perlahan. Jika ia tetap tenang, bisa jadi ini adalah tanda ia merasa nyaman dan kamu bisa beranjak ke step berikutnya.

Selanjutnya, jika ia sudah merasa nyaman, tambahkan gerakan seperti akan memeluk atau menggendong. Lakukan secara perlahan agar ia tetap merasa tenang. Jika ia sudah berhasil digendong atau dipeluk, kamu bisa memberinya reward berupa makanan atau mainan favoritnya agar ia termotivasi untuk melakukan hal tersebut lagi.

Cari Tahu yang Disukai Anabul

©Shutterstock

Kucing nggak mau digendong bukan berarti ia nggak sayang dengan pemiliknya. Beberapa anabul memang tidak terbiasa bersosialisasi dengan manusia sejak awal sehingga perlu effort untuk membiasakannya.

Kenali dulu posisi kesukaan kucing saat digendong. Beberapa dari mereka ada yang suka digendong dengan mengangkat kedua tangannya. Tapi, ada juga kucing yang menyukai posisi khusus, misalnya digendong seperti bayi. Jika sudah paham posisi yang membuat mereka nyaman, maka memeluk atau menggendong kucing akan lebih mudah.

Perhatikan Tujuanmu

©Shutterstock

Kucing juga bisa jadi sangat sensitif dengan lingkungan di mana mereka digendong. Misalnya, saat kamu membawanya menuruni tangga, beberapa anabul bisa merasa panik dan ketakutan sehingga tidak merasa nyaman digendong. Jika hal ini yang terjadi, tenangkan hewan kesayangan dan beri penjelasan bahwa mereka baik-baik saja selama kamu menggendongnya dengan nyaman.

Jika Kucing Nggak Nyaman dengan Anak-Anak

©Shutterstock

Beberapa kucing merasa nggak nyaman saat berada di dekat anak-anak karena tingkahnya yang nggak terduga. Misalnya menarik kucing dengan kurang hati-hati atau melepaskan mereka secara tiba-tiba saat digendong. Hal ini juga yang membuat hewan kesayangan takut berdekatan dengan anak-anak.

Jika anabul di rumah menunjukkan perilaku ini, damping ia dengan mendekatkan anak-anak di sampingnya. Ajari kucing kesayangan jika berada di dekat anak kecil aman, selama ada pengawasan dari orang dewasa.

Cari Tahu Hal yang Bikin Kucing Nggak Suka Digendong

Tahu nggak, beberapa kucing nggak suka digendong karena ada hal yang nggak mereka suka. Misalnya, kuku sang cat owner yang belum dipotong dan membuat kucing nggak nyaman saat digendong, atau cara melepaskan anabul setelah digendong yang membuatnya merasa seperti dilempar. Amati kebiasaan hewan kesayangan tersebut supaya kamu bisa memberikan pelukan dan gendongan yang nyaman untuknya.

Beberapa langkah di atas bisa diterapkan agar anabul kesayangan lebih nyaman dan aman saat dipeluk atau digendong pemiliknya. Selain menggendong dan memeluknya, tunjukkan rasa sayangmu pada kucing lucu di rumah dengan memberikan makanan yang mampu memenuhi kebutuhan nutrisinya, seperti Muezza.

©Merdeka

Muezza merupakan makanan kucing kering yang dapat memenuhi nutrisi kucing dewasa karena kaya akan kandungan yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatannya. Kandungaan ekstrak Yucca Schidigera di dalamnya efektif untuk menghilangkan bau, meningkatkan kekebalan tubuh, dan jumlah bakteri baik yang menjaga kesehatan pencernaannya.

Selain itu, Muezza juga dapat menyehatkan kulit dan bulu berkat kandungan Omega 3 dan Omega 6, serta mengoptimalkan sistem penglihatan kucing dewasa karena memiliki kandungan Taurin.

Muezza juga sudah mendapatkan sertifikat halal dari The Central Islamic Committee of Thailand. Tersedia dalam 4 varian rasa yaitu Salmon, Mackerel, Ocean Fish, dan Tuna, yuk borong Muezza untuk kucingmu sekarang! [wri]