Jabar Bakal Jadi Pusat Industri Animasi di Indonesia, Simak 3 Fakta Berikut

Irene

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat akan berupaya mendorong potensi kreatif animator. Hal tersebut sebagai upaya mewujudkan Jawa Barat sebagai pusat industri animasi.

Kepala Bidang Industri Pariwisata Disparbud Jabar Azis Zulfikar membenarkan hal tersebut. “Selama ini banyak animator handal asal Provinsi Jawa Barat yang telah menghasilkan karya,” ungkapnya saat ditemu Antara seusai menjadi narasumber di acara Jabar Punya Informasi di Gedung Sate Bandung Jawa Barat.

1 dari 3 halaman

Akan dibangun studio animasi

Azis menjelaskan bahwa timnya akan berupaya mengembangkan potensi industri kreatif animasi dengan membangun studio animasi dibeberapa wilayah di Jawa barat. “Kami akan mendorong potensi industri film animasi yang merupakan bagian dari ekonomi kreatif. Salah satu upaya yang akan dilakukan ialah merencanakan pembangunan studio animasi pada gedung Creative Center di sejumlah kabupaten atau kota di Jabar,” ujarnya.

2 dari 3 halaman

Mengumpulkan SDM kreatif di bidang animasi

Kepala Bidang Industri Pariwisata Disparbud Jabar, Azis Zulfikarmenambahkan bahwa pihaknya akan mengumpulkan animator se-Jabar untuk mendapatkan masukan dan mendorong industri animasi di Provinsi Jabar agar semakin baik.

Ia mencontohkan bahwa di Sukabumi sendiri terdapat potensi industri kreatif. Mengingat di kota tersebut banyak terdapat komunitas film. Di Bogor juga terdapat komunitas komik yang akan menjadi sasarannya.

“Contohnya di Kota Sukabumi, itu ada festival-festival film banyak yang dilakukan oleh komunitas industri kreatif filmnya di sana. Begitu juga di Kota Bogor, di sana ada komunitas yang suka membuat komik nanti arahnya akan pada animasi,” jelasnya.

3 dari 3 halaman

Memaksimalkan Creative Center

Dilansir dari laman jabar.antaranews.com,pengadaan studio animasi akan memaksimalkan beberapa creative center di wilayah Jawa Barat. Tahun ini Pemprov Jabar akan menuntaskan pembangunan enam Gedung Creative Center. Keenam proyek tersebut dilalukan oleh Dinas Perumahan dan Permukiman yakni di Bogor, Kabupaten Purwakarta, Cirebon, Bekasi, Tasikmalaya dan Kabupaten Subang.

Saat ini Disparbud Provinsi Jabar juga sedang mengerjakan perencanaan Detail Engineering Design (DED) creative center untuk beberapa daerah sesuai pemetaan potensi.

[nrd]

Next Post

Jokowi Targetkan Tol Sigli-Banda Aceh Beroperasi Lebaran 2020

Banda Aceh, Indonesia — Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan jalan tol Sigli-Banda Aceh seksi IV dapat beroperasi pada Lebaran 2020. Ia menyebut pembangunan jalan tol seksi tersebut berjalan dengan lancar. Hal ini diungkapkan Jokowi saat meninjau proyek tol Sigli-Banda Aceh seksi IV di Banda Aceh pada Jumat (21/2) sore. “Yang […]