Irman Yasin Limpo Beberkan Program Edukasi Toleransi di Debat Pilkada Makassar

Irene

Irman Yasin Limpo Beberkan Program Edukasi Toleransi di Debat Pilkada Makassar

Pembahasan mengenai toleransi menjadi salah satu poin yang disampikan oleh pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar, Irman Yasin Limpo-Andi Zunnun Armin dalam debat Pilkada di salah satu Stasiun TV nasional, Sabtu (7/11). Menurut None, sapaan akrab Irman, toleransi selain diajarkan juga harus ditirukan atau dicontohkan.

“Kami programkan edukasi, sosialisasi, dan interaksi tokoh untuk menanamkan toleransi di tengah masyarakat kita,” kata None dalam debat publik Pilkada Makassar yang dihelat di Jakarta.

Salah satunya, lanjut None, adalah literasi kitab suci di sekolah-sekolah. Di mana setiap hari Jumat, para siswa mengkaji kitab sucinya masing-masing.

“Yang Muslim, mengkaji kitab suci Alquran. Begitupun dengan yang agama lain,” lanjutnya.

Selain itu, akan dibuat episentrum di mana anak-anak muda lebih giat lagi ke rumah ibadah. Interaksi antartokoh lintas agama juga dianggap sangat penting, untuk membuat pemetaan konflik yang bisa saja terjadi.

“Anak-anak kita harus ditanamkan mengenai toleransi sejak dini,” jelasnya.

Dia menuturkan, perbedaan merupakan hal yang wajar dan biasa saja. Namun, perbedaan itu harus lebur jika berkaitan dengan kemanusiaan. “Kita harus mengebalkan diri dari pikiran intoleransi, dan menjaga imunitas kita,” pungkasnya.

Dalam debat tersebut, pasangan nomor urut empat ini berhasil menguasai panggung debat kandidat. Keduanya menjawab dengan tuntas pertanyaan yang diajukan panelis dan tiga rivalnya.

Pilkada Kota Makassar diikuti empat paslon. Yakni Mohammad Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi yang diusung Partai Gerindra dan NasDem dengan 11 kursi. Lalu Munafri Arifuddin-Abd Rahman Bando diusung Partai Demokrat, PPP dan Perindo dengan 13 kursi. Syamsu Rizal-Fadli Ananda diusung PDIP, Hanura dan PKB dengan 10 kursi di DPRD Makassar. Irman Yasin Limpo-Andi Muhammad Zunnun Armin NH yang diusung Golkar, PKS dan PAN dengan total 15 kursi di DPRD Makassar. [cob]

Next Post

OJK Siapkan 6 Inisiatif Strategi Kebijakan 2021

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menyiapkan enam inisiatif strategis kebijakan di 2021. Inisiatif ini untuk menghadapi berbagai perkembangan dan tantangan di sektor jasa keuangan termasuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional. Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menjelaskan, enam inisiatif strategis tersebut dijabarkan saat membuka Rapat Kerja Strategis OJK 2021 yang dilakukan […]