Ini 10 Langkah Wajib untuk Rawat Kucing Kesayangan Tetap Sehat

Irene

Ini 10 Langkah Wajib untuk Rawat Kucing Kesayangan Tetap Sehat

Tingkah lucu dan penampilannya yang menggemaskan sering jadi faktor utama yang bikin banyak orang tertarik buat memelihara kucing. Tapi keputusan tersebut nyatanya bisa jadi tantangan tersendiri, terutama bagi yang baru pertama kali menyandang status cat owner. Agar kucing kesayangan tetap sehat dan happy, ikuti 10 langkah wajib ini ya.

Sediakan Air Minum

©2020

Jika memilih memberikan dry cat food, kucing butuh minum lebih banyak. Sediakan akses ke air minum setiap saat, misalnya menempatkan wadah minum di area yang sering dilewati kucing untuk mencegahnya dari dehidrasi.

Sisir Setiap Hari

©2020

Kucing memang bisa merawat dirinya sendiri. Tapi nggak ada salahnya meluangkan waktu untuk menyisir atau menyikat bulunya setiap hari untuk mengurangi furr ball yang dapat mengganggu kesehatan pencernaan.

Sediakan Kotak Pasir

©2020

Aturan praktisnya, sediakan satu kotak pasir untuk setiap ekor kucing ditambah satu kotak tambahan. Letakkan di area di mana kucing bisa melihat sekelilingnya dan rutin bersihkan atau ganti pasirnya dengan yang baru.

Latih Kucing Mencakar di Tiangnya

©2020

Banyak pemilik kucing yang mengeluhkan cakaran kucing di perabotannya. Jangan dihukum, gunakan tiang atau mainan khusus yang dapat dimanfaatkan untuk mengasah cakarnya. Letakkan di tengah ruangan yang cukup sepi dan latih kucing menggunakannya.

Pilihan Steril

©2020

Mensterilkan kucing merupakan pilihan tepat jangka panjang. Selain membantu kucing betina lebih nyaman, juga menjaga keamanan kucing jantan sekaligus meredakan stres pemilik saat terpaksa menampung banyak anak kucing di rumah.

Penempatan Wadah Makan dan Kotak Pasir

©2020

Hindari menempatkan wadah makan atau minumnya di dekat kotak pasir, karena akan menghilangkan selera makan kucing. Begitu juga meletakkan wadah minum berdekatan dengan tempat makan justru bikin kucing jarang minum dan langsung menuju tempat makannya.

Aman Bepergian dengan Kucing

©2020

Walau senang dibawa jalan-jalan dalam mobil, jangan biarkan kucing bebas berkeliaran di dalamnya. Gunakan tas atau kandang khusus untuk membawanya, juga hindari meninggalkan kucing sendirian dalam mobil yang menyala karena dapat mengancam kesehatannya.

Rutin Bawa ke Dokter Hewan

Rutin periksakan kesehatan kucing pada dokter hewan, juga untuk mendapatkan vaksin maupun perawatan dari kutu. Jangan tunggu sampai kucing sakit, cegah sebelum terlambat untuk mengurangi risiko penyakit yang lebih parah.

Ajak Bermain

©2020

Kucing yang merasa bosan cenderung lebih mudah stres, bahkan terserang berbagai penyakit. Agar tetap aktif dan sehat, luangkan waktu untuk bermain dengannya dan sediakan beberapa mainan seperti bola, laser hingga menara bertingkat yang mengasah kemampuan melompatnya.

Berikan Cat Food Berkualitas

Nutrisi yang baik merupakan awal dari kucing yang sehat. Jangan asal menyediakan makanannya, pilih cat food yang mengandung bahan alami berkualitas dan kaya nutrisi, seperti protein, vitamin, mineral dan kalori seimbang untuk mendukung tumbuh kembangnya.

©2020

Untuk hal yang satu ini, Muezza bisa jadi pilihan brilian. Berbentuk dry food yang praktis, cat food berkualitas ini hanya menggunakan bahan alami pilihan dan bebas bahan sintetik.
Tersedia dalam 4 pilihan rasa yang bakal jadi favorit kucing, Muezza juga sudah dilengkapi sertifikasi halal dari The Central Committee of Thailand. Ada 4 varian rasa yang bisa dipilih, yaitu Tuna, Salmon, Ocean Fish, dan Mackarel. Jadikan Muezza sebagai solusi awal kesehatan kucing kesayanganmu, dapatkan sekarang juga di marketplace seperti Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia [aki]

Next Post

Kisah Bayi Kembar Siam di Yaman Berbagi Hati, Jantung, dan Paru-Paru

Kisah Bayi Kembar Siam di Yaman Berbagi Hati, Jantung, dan Paru-Paru. Bayi kembar yang masih berusia dua hari itu kini masih menjalani perawatan dengan inkubator. Bayi kembar siam terbaring di inkubator di unit perawatan intensif anak Rumah Sakit Al-Sabeen, Sanaa, Yaman, pada 18 Desember 2020. Si kembar tersebut lahir pada […]