Dubai () – Indonesia menyuguhkan kesenian yang menunjukkan keberagaman budaya pada puncak acara National Day yang digelar di Expo 2020 Dubai, Uni Emirat Arab.

"Indonesia adalah negeri yang dianugerahi kekayaan dan keanekaragaman budaya, serta dikenal akan keindahan alamnya," kata Presiden Joko Widodo, pada video yang ditayangkan saat puncak acara National Day di Al Wasl Plaza, Expo 2020 Dubai, Kamis (4/11) malam waktu setempat.

Video sambutan sang presiden diproyeksikan di bagian dalam kubah Al Wasl Plaza, sehingga penonton bisa menontonnya dari berbagai sudut.

‚Äč

Presiden Joko Widodo malam itu turut hadir pada puncak perayaan National Day bersama para menteri dan perwakilan dari Uni Emirat Arab.

Rangkaian acara National Day dimulai sejak sore hari, sekitar pukul 16.00 dengan upacara pengibaran bendera Uni Emirat Arab dan Indonesia di Al Wasl Plaza.

Setelah itu, Indonesia menggelar pertunjukan seni yang menggabungkan tarian dari berbagai daerah dengan tampilan grafis dan "video mapping" yang memperkuat penampilan para seniman di panggung.

Saat para penari sedang tampil di panggung, pada saat yang bersamaan video penari kecak dari Bali menghiasi seluruh kubah Al Wasl Plaza.

Penyanyi jebolan Indonesian Idol, Lyodra Ginting, turut memeriahkan National Day, yang ditonton oleh para diaspora Indonesia maupun pengunjung dari mancanegara.

Dia malam itu membawakan satu lagu, "Indonesia Pusaka" dari Ismail Marzuki.

Acara puncak National Day Indonesia digarap oleh Wishnutama Kusubandio, yang menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada 2019-2020.

Selain keragaman budaya, Presiden Joko Widodo pada video sambutan juga menyinggung soal kemajuan teknologi, yang harus diimbangi dengan kepedulian terhadap lingkungan, termasuk tentang penciptaan energi baru, energi terbarukan, energi ramah lingkungan dan pengurangan emisi karbon.

"Kami siap menjawab tantangan besar itu dengan memanfaatkan teknologi dalam meningkatkan kualitas hidup umat manusia, yang diimbangi dengan menjaga kelestarian alam," kata Presiden Joko Widodo.

Baca juga: Presiden sampaikan tiga sektor prioritas kerja sama Indonesia-PEA

Baca juga: Presiden Joko Widodo kunjungi Paviliun Indonesia Expo 2020 Dubai

Baca juga: RI-UEA komitmenkan bisnis dan investasi 32,7 miliar dolar AS

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © 2021