Breaking News in Indonesia

Hasil Tes GeNose di Pelabuhan Penyeberangan dan Terminal, 363 Positif Covid-19

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi melaporkan, hasil random sampling penggunaan alat tes GeNose Covid-19 yang dilakukan pada 12-27 April 2021 untuk 10 lokasi pelabuhan penyeberangan dan 59 terminal tipe A.

Hasilnya, sekitar 5,42 persen atau 363 calon penumpang kapal penyeberangan dan bus terindikasi positif Covid-19 dengan status orang tanpa gejala (OTG).

“Kami sudah melakukan pengecekan sekitar 6.693 orang. Dan ternyata dari sekian, 5,4 persen itu masih terindikasi positif Covid-19. Mungkin ini yang tidak dirasakan atau OTG,” ujar Budi dalam sesi teleconference, dikutip Jumat (30/4/2021).

Sebagai tindak lanjut, Budi menyampaikan, pihak operator pengelola pelabuhan penyeberangan dan terminal telah mengarahkan calon pengguna jasa yang positif Covid-19 untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke rumah sakit atau puskesmas setempat. Mereka yang positif juga dikenai pembatalan keberangkatan penumpang.

Adapun sesuai arahan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), pengelola pelabuhan dan terminal diharapkan bisa menginstruksikan Dinas Kesehatan setempat untuk melakukan pendampingan tes swab antigen atau PCR.

Berdasarkan temuan tersebut, Budi jadi semakin waspada untuk melakukan pengetatan perjalanan masyarakat jelang masa larangan mudik Lebaran pada 6-17 Mei 2021.

“Jadi artinya, saat sekarang ini yang melakukan perjalanan, walaupun tidak dirasakan ada kecenderungan mungkin yang OTG ini adalah terpapar Covid-19. Sehingga dengan demikian kita akan tetap melakukan pengetatan perjalanan masyarakat, terutama di penyeberangan,” tuturnya.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [azz]