Dukung Pencernaan dan Kekebalannya, Ini Tips Jaga Kesehatan Usus Kucing

Berbeda dengan nenek moyangnya, kucing sebagai hewan peliharaan bergantung pada pemiliknya untuk menjaganya tetap sehat. Salah satu hal yang harus difokuskan sebagai catlover adalah kesehatan usus yang prima karena punya peran penting dalam sistem pencernaan hingga kekebalannya. Begini caranya!

Grooming

©shutterstock

Satu lagi keuntungan rutin grooming kucing kesayanagan. Selain menjaga keindahan bulu dan meningkatkan hubungan antara pemilik-anabul, rutin menyikat bulunya juga membantu mencegah hewan peliharaanmu menelan banyak bulu, pemicu sembelit.

Cukup Minum

©shutterstock

Kucing yang diberi makanan kering, cenderung tidak minum cukup air yang dapat menyebabkan gangguan kesehatannya. Untuk mendorong anabulmu agar minum lebih teratur, letakkan mangkuk air di beberapa sudut rumah Anda. Tapi hindari meletakkannya terlalu dekat dengan litterbox. Pastikan cukup persediaan air segar yang diganti setidaknya dua kali sehari. Beberapa kucing lebih suka air mengalir dan suka minum dari keran yang mengalir.

Tambahkan Kaldu Tulang ke Makanan Kucing

©shutterstock

Menambahkan kaldu tulang ke makanan hewan peliharaan dapat meningkatkan penyerapan nutrisi. Selain itu, juga menciptakan lingkungan yang sempurna bagi bakteri baik dalam usus untuk berkembang.

Kaldu tulang dikemas dengan nutrisi seperti zat besi, vitamin A dan K, asam lemak, selenium, seng, dan mangan, dan kolagen. Asam amino di dalamnya akan memperkuat lapisan saluran pencernaan hewan peliharaanmu, khususnya pada usus agar optimal menyerap nutrisi yang ada pada makanan.

Ajak Bermain

©shutterstock

Nyatanya, aktivitas fisik yang dilakukan oleh anabul dapat membantu mengurangi stres yang berujung turunnya jumlah kortisol, hormon yang menyebabkan peradangan termasuk pada sistem pencernaan dan melemahkan sistem kekebalan tubuh. Berikan mainan baru atau ciptakan permainan yang menyenangkan bersama hewan peliharaanmu. Bukan hanya mengatasi bosan, tapi juga memiliki manfaat untuk kesehatan pencernaan kucing.

Pola Makan Seimbang

©shutterstock

Pola makan yang tepat dan seimbang untuk metabolisme kucing jadi cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan ususnya. Oleh karena itu, memilih makanan yang disesuaikan dengan kebutuhan anabul adalah kunci untuk menjaganya tetap sehat dan aktif.

Sebaliknya, pola makan yang tidak seimbang bisa berbahaya bagi kesehatan usus kucing. Hindari semua makanan yang mungkin beracun bagi hewan peliharaan seperti bawang putih, coklat atau kafein, pemicu kembung seperti kubis, atau makanan manusia yang dapat menyebabkan penambahan berat badan.

©Muezza

Memilih Muezza sebagai makanan kucing sehari-hari sudah jadi pilihan yang tepat. di antara daftar nutrisi yang berasal dari bahan alami, ekstral Yucca Schidigera di dalamnya membantu menjaga eksehatan pencernaan. Dibuar dari ligan saponin dan kompleks karbohidrat, ekstrak ini ampuh menghambat penyerapan bakteri berbahaya, mengurangi bau sekaligus memadatkan kotorannya sehingga lebih mudah dibersihkan.

Bukan hanya itu saja, brand makanan kucing kering ini sudah tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand. Anabul terjaga sehat, pemilik hewan peliharaan pun lebih leluasa memegang cat food, membersihkan peralatan makannya di tempat cuci piring, hingga bebas cemas saat mencari lokasi penyimpanan bersama bahan makanan lainnya. Tersedia dalam 4 varian rasa yang cocok untuk selera makan kucing kesayangan, segera borong Muezza di Shopee dan Tokopedia. [eth]

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia [tmi]