Breaking News in Indonesia

Dua WNI Dianiaya Sekelompok Orang di Amerika Serikat

Dua remaja asal Indonesia menjadi korban serangan oleh sekelompok orang di statiun kereta di Philadelphia, Pennyslvania, Amerika Serikat. Dua WNI yang sedang menunggu kereta di Stasiun SEPTA's City Hal itu dianiaya secara mendadak.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi memastikan bahwa pemerintah melalui Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di New York telah berkomunikasi dengan pemerintah setempat terkait insiden dua WNI diserang di Philadelhia, Amerika Serikat. Dia menekankan pihak kepolisian setempat juga telah melakukan pengusutan.

“KJRI NY sudah lakukan komunikasi dengan kantor walikota Philadelpia sampaikan concern sambil tentunya hormati privacy act,” kata Retno kepada wartawan, Sabtu (27/3/2021).

Polisi sedang selidiki rekaman CCTV,” sambungnya.

Menurut dia, semua perwakilan Indonesia di Amerika Serikat sudah dan terus menerus mengimbau seluruh WNI di AS unruk waspada dan berhati-hati. Retno juga meminta para WNI di AS segera melapor ke aparat keamanan atau hotline perwakilan RI di AS apabila alami insiden serupa.

“Perwakilan RI juga terus lakukan komunikasi dengan simpul-simpul masyarakat dan mahasiswa Indonesia di AS,” ujarnya.

Retno mengatakan Dirjen Amerop Kementerian Luar Negeri I Gede Ngurah Swajaya telah berkomunikasi langsung dengan Acting Assistant Secretary for East Asia and Pacific Kemlu AS, Ambassador Sung Kim. Indonesia meminta perhatian pelindungan dan keselamatan terhadap WNI di AS.

“Amb Kim tegaskan penegak hukum di AS ( baik federal.maupun lokal) akan terus berusaha tangani kasus tersebut dan kasus lain serupa,” jelas Retno.

Sumber: Liputan6.com
Reporter: Lizsa Egeham [ded]